BOGOR, CEKLISSATU - Setelah meresmikan 2.981 guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Pemkab Bogor pun berencana  mengangkat 2.909 PPPK  untuk jabatan fungsional guru pada 2024.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, jika pihaknya telah mengajukan rencana tersebut ke Kementerian Dalam Negeri. Sehingga diharapkan pengangkatan bisa dilakukan pada 2024.

"Tentunya yang diprioritaskan guru dulu. Mereka akan melewati passing grade, terutama honorer Kategori 2 (K2) itu yang diprioritaskan," kata Iwan, Rabu 5Juli 2023.

Baca Juga : Rekomendasi Komisi I DPRD Kota Bogor Soal Penutupan Semua Gerai Mie Gacoan Diabaikan

Kata Iwan, Kabupaten Bogor membutuhkan banyak tenaga guru, namun di sisi lain perekrutan CPNS dibatasi oleh pemerintah pusat. Sehingga opsi PPPK diambil untuk memperbaiki kesejahteraan guru.

"Kita harus dorong dari kemampuan keuangan daerah. Karena gaji untuk tenaga PPPK itu dibebankan ke APBD setiap daerah," jelas Iwan.

Meski begitu, dengan kemampuan keuangan daerah yang terbatas, Pemkab Bogor terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan para guru.

ERUL