BANDUNG, CEKLISSATU - Ribuan pegiat dan penggiat dari berbagai induk olahraga (Inorga) dari Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI), menghadiri upacara pembukaan atau “Opening Ceremony” Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) ke VII 2023, yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Minggu, 3 Juli 2023 malam.

Acara pembukaan yang berlangsung sangat meriah itu dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Walikota Bogor Bima Arya bersama Ketua KORMI Kota Bogor Zaenul Mutaqin, Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, serta kepala daerah dari sejumlah provinsi dan kabupaten/kota.

Baca Juga : Pemkot Akan Normalisasi Saluran Air dan Rehab Jembatan Kampung Ciereng

Menpora Dito Ariotedjo senang melihat antusiasme masyarakat menyambut ajang Fornas ini. Acara pembukaan Fornas 2023 ini dimulai dengan berbagai pertunjukan budaya dan paduan suara,

Menpora Dito Ariotedjo menilai, penunjukan Jabar sebagai tuan rumah Fornas ke VII 2023 sangat tepat. “Terpilihnya Jawa Barat menjadi tuan rumah Fornas sangat tepat karena dari antusiasme warga, induk olahraga, dan masyarakat menyambut antusias dengan positif,” kata Menpora di sela-sela upacara pembukaan Fornas.

Fornas 2023 akan melibatkan kurang lebih 25 ribu orang dan 88 induk organisasi olahraga (inorga). Ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga petualangan, serta olahraga tradisional dan kebudayaan, dengan 16 nomor pertandingan.

Menpora mengatakan, ajang Fornas ini memadukan berbagai unsur. “Yang pasti kita lihat olahraga rekreasi ini memadukan budaya, histori, dan juga semangat gotong royong, dan nilai-nilai kebudayaan Indonesia, dan ingin Indonesia lebih sehat lagi,” ujarnya.

Kegiatan Fornas ini bertepatan dengan ASEAN Sports Day. Menpora menilai, hal ini bagus untuk menjadi media memperlihatkan keragaman budaya kepada negara tetangga. “Bertepatan dengan ASEAN Sports Day, tujuan biar negara tetangga bisa melihat multikutural dari Indonesia,” terangnya.

Sementara, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku bangga, Jabar, khususnya Kabupaten Bandung, menjadi tuan rumah Fornas ke VII 2023. “Ini pilihan tepat (tuan rumah). Harapan kita juara,” kata dia.

Ridwan Kamil menilai, olahraga kompetisi maupun olahraga rekreasi masyarakat sama-sama penting. Diharapkan melalui olahraga ini masyarakat bisa sehat, juga bahagia. “Yang penting cari keringat, bahagia, berprestasi sesuai jenisnya masing-masing. Jangan lupa terus berolahraga,” ujar Ridwan Kamil.

Sementara itu, kemeriahan seremonial pembukaan Fornas diramaikan dengan pesta kembang api dan konser musik Iwan Fals, yang merupakan tanda dimulainya seluruh rangkaian pertandingan pada 3-9 Juli 2023.