JAKARTA, CEKLISSATU – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terbuka dengan peluang kerja sama yang bisa dijajaki para investor di berbagai sektor infrastruktur IKN melalui skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Basuki membuka peluang kerja sama pengusaha konstruksi asal Jerman menyangkut pemanfaatan inovasi teknologi yang mengedepankan keberlanjutan lingkungan. 

Teknologi ini dapat diimplementasikan dalam mendukung pembangunan IKN.

Baca Juga : Konsep Pariwisata Bali Bakal Diadopsi Untuk Wujudkan Kota Layak Huni di IKN

"Karena kondisi geo-nya sangat spesifik, kondisi tanah. Mungkin anda memiliki teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung kami. Kami juga harus tahu bahwa anda memiliki ahli geotek, sehingga kami dapat mendiskusikan secara detail," ujar Basuki saat menerima kunjungan para pengusaha konstruksi asal Jerman, pada Senin 12 Juni 2023 lalu.

Kementerian PUPR sendiri telah memulai pembangunan infrastruktur dasar IKN sejak awal September 2022 lalu, di antaranya, pembangunan jalan tol dan jalan nasional, penyediaan air baku, infrastruktur pengendali banjir, rumah untuk pekerja konstruksi IKN, dan rumah dinas menteri. 

Untuk menjaga roda ekonomi nasional, Basuki menekankan pentingnya penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam pembangunan IKN.