BOGOR, CEKLISSATU - Hanya tinggal menunggu hitungan hari menjelang berakhirnya masa jabatan Iwan Setiawan sebagai Bupati Bogor, yang akan selesai pada 30 Desember mendatang. Namun, kepastian berlanjutnya proyek Jalan Bojonggede-Kemang hingga saat ini masih belum jelas apakah akan dilanjutkan atau tidak.


Kabar terbaru beberapa waktu lalu, justru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terlihat menyerah untuk melanjutkan jalan yang menghubungkan wilayah Utara dan pusat pemerintahan Kabupaten Bogor itu. Dan akan meminta bantuan kepada Pemerintah Pusat.


Pasalnya, untuk bisa melanjutkan proyek jalan tersebut, Pemkab Bogor dilanda kegalauan karena adanya jalur rel kereta Commuter Line. Sehingga membutuhkan solusi apakah akan dibangun underpass atau flyover untuk melintasi rel yang berada di persimpangan Bambu Kuning itu.

Baca Juga : Penuh Suka Cita, PLN Sukses Kawal Listrik Perayaan Natal Tahun 2023


Ditambah lagi, PT. KAI juga tidak memberikan rekomendasi apabila pemerintah memilih untuk membangun flyover, karena khawatir akan mengganggu jaringan listrik Commuter Line.


"Saat ini kan pertama kita punya kendala fisik itu ada rel kereta, sungai, danau, kemudian ada juga area yang belum dikembangkan di jalur cepat. Saat ini kita sudah mengusulkan pembiayaan dari pemerintah pusat. Mulai dari peningkatan jalan Sungai Ciliwung, flyover-nya, kemudian jalur cepat, jembatan di Situ Nanggerang," ungkap Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika.


Untuk itu, dia pun mengatakan, Pemkab Bogor akan mengusulkan untuk meningkatkan status Jalan Bomang dari jalan kabupaten menjadi jalan nasional. Jalan Bomang dan Jalan Tegar Beriman diketahui menghubungkan dua jalan nasional, yaitu Jalan Raya Bogor dan Jalan Raya Parung.


"Nah, itu yang didorong, lagi didiskusikan teman-teman Kementerian PU, apakah dimungkinkan statusnya naik dari jalan kabupaten menjadi jalan nasional, jadi masih dalam kerangka diskusi, belum ada keputusan. Mereka menanggapinya dari sistem jaringan jalan, memungkinkan," ungkapnya.


Sementara itu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sendiri, sudah menerima aspirasi dari Pemerintah Kabupaten Bogor terkait pembangunan Jalan Bomang.


"flyover menjadi salah satu usulan dari Pemkab Bogor yang saat ini sedang dipertimbangka, mengingat kebutuhan fasilitas yang masih dirasa kurang untuk menghubungkan kedua jalan tersebut. “Nanti akan kita usulkan terkait pembiayaannya," kata Plt Kepala BPTJ Suharto beberapa waktu silam.