BOGOR, CEKLISSATU - Tim mahasiswa IPB University yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan berhasil menciptakan Sheeco. Sheeco adalah produk media tanam hidroponik revolusioner yang menggunakan bahan-bahan alami yang terdegradasi di alam, seperti wol domba dan coco fiber, yang dicampur dengan pupuk NPK dan fungi Mikoriza arbuskular.

Tim PKM IPB University ini terdiri dari Dwi Indah Yulianti, Iis Erlina, Nabiilah Syifa, Ridwan Lazuardi, dan Andika Hisyam Mahendra, dan dibimbing oleh Ir Fahrizal Hazra, MSc. Sebelumnya, tim inovator Sheeco melihat adanya masalah penggunaan rockwool dan berusaha mencari alternatif yang lebih baik untuk mendukung pertumbuhan tanaman hidroponik di Indonesia.

Dwi Indah Yulianti, mahasiswa IPB University yang menjadi ketua tim mengungkapkan, timnya telah melakukan survei di lahan hidroponik Agribusiness and Technology Park IPB dan hasilnya mengejutkan. Dari 20 responden, 17 responden mengalami masalah kesehatan akibat penggunaan rockwool mencakup iritasi kulit dan gangguan pernapasan yang tidak dapat diabaikan.

Baca Juga : SeSaMa: Inovasi IPB University Solusi Pengelolaan Sampah Mulai dari Rumah Tangga

Ia menyebut, kekhawatirannya bahwa masalah ini bisa menjadi masalah yang lebih besar di masa depan, meskipun efeknya belum terasa saat ini. Oleh karena itu, ia bersama temannya sepakat untuk menciptakan inovasi baru di bidang pertanian yaitu Sheeco.

“Inovasi ini menjadi produk media tanam hidroponik "all in one" pertama. Produk Sheeco memiliki beragam keunggulan yang mengesankan,” kata Dwi Indah Yulianti, mahasiswa IPB University dari Departemen Teknologi Hasil Hutan, IPB University.

Ia menjelaskan, keunggulan Sheeco antara lain menggunakan bahan alami yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga efektif dalam mendukung pertumbuhan tanaman. Inovasi ini juga kaya nutrisi karena dilengkapi dengan NPK.

“Sheeco juga bersifat biodegradable karena terurai di tanah dalam waktu singkat  dan dapat digunakan secara berulang sehingga dapat mengatasi masalah pembuangan yang sering terjadi dengan media tanam hidroponik lainnya,” kata Dwi Indah.

Mahasiswa IPB University itu menyebut, Sheeco juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi melalui penggunaan fungi Mikoriza arbuskular.

“Sheeco merupakan sebuah terobosan nyata dalam industri pertanian di Indonesia. Produk ini dapat dibeli melalui berbagai platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, untuk informasi detailnya bisa mengunjungi akun media sosial kami di Sheeco UrbanTani,” pungkas Dwi Indah.