BOGOR, CEKLISSATU - Mahasiswa Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (Unida) angkatan 2023 sebarkan nilai Pancasila melalui Film berjudul Rengganis. Film Rengganis yang bernuansa nilai-nilai Pancasila ini diluncurkan dalam kegiatan Pena Ungu Fest di Ruangan 303 FISIP Unida pada hari Rabu (31/1/2024). 


Wakil Dekan Nonakademik Maria Fitriah menyampaikan, seni dan budaya Indonesia harus dilestarikan oleh generasi muda. Selain memiliki nilai yang luar biasa, kesenian dan budaya juga bisa mengasah generasi muda khususnya mahasiswa untuk mengasah karya. 

"Kami mengapresiasi karya Mahasiswa dari angkatan 2023 ini. Semoga bisa terus semangat dalam berkarya dan mengasah keterampilan," katanya. 

Baca Juga : Sukses Energize Tower Emergency, PLN Hadirkan Listrik Andal Selama Nataru

Dosen Pengampu Mata Kuliah Pancasila Berry Sastrawan mengatakan, film Rengganis merupakan salah satu luaran dari tugas Mata Kuliah Pancasila

"Pancasila adalah dasar negara yang harus kita pegang teguh. Untuk itu, Mata Kuliah Pancasila ini ada di FISIP Unida. Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas karya kawan-kawan Sains Komunikasi 2023. Filmnya sangat bernilai. Semoga kedepannya bisa diikutkan lomba dan meraih prestasi," katanya. 

Film Rengganis merupakan film yang menceritakan seorang perempuan dari desa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, sukses, dan membahagiakan keluarga. Perjalanan gadis desa bernama Rengganis tidaklah mudah, lika-liku terjadi khususnya masalah ekonomi. Godaan demi godaan menghampiri Rengganis yang hampir saja melenyapkan mimpinya. Namun Rengganis akhirnya disadarkan oleh kawan-kawannya yang mengingatkannya pada nilai-nilai Pancasila, mengajaknya untuk kembali berjuang, dan meraih mimpi-mimpinya. 

Ketua Pelaksana Pena Ungu Fest Muhammad Nabil menyampaikan bahwa Pena Ungu Fest ini mengusung Tema Berkumpul, Berkembang, dan Berkarya. 

"Pena Ungu Fest merupakan kegiatan yang salah satunya menyaksikan Film berjudul Rengganis. Namun ada juga Pentas Seni, Penampilan Stand Up Comedy, dan Bazzar," tuturnya.