JAKARTA, CEKLISSATU – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar lakukan penyemprotan echo enzim di lokasi tempat pembuangan akhir  atau TPA Antang.

Hal ini sebagai persiapan untuk mengejar piala Adipura, di mana TPA Antang menjadi salah satu titik penilaian dari tim verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar Makassar, Hasanuddin mengatakan, sebanyak tiga unit damkar dengan kapasitas 8.000 liter diturunkan untuk melakukan penyemprotan echo enzim, yang bertujuan untuk kondisi kualitas udara menjadi lebih baik.

Baca Juga : Kota Bogor Akhirnya Kembali Meraih Piala Adipura

"Larutan echo enzim digunakan untuk memaksimalkan penguraian dan polusi akibat penumpukan sampah di TPA Antang, adapun komposisinya yakni sebanyak 10 liter echo enzim yang dicampurkan kedalam 8.000 liter, sehingga digunakan sebanyak 30 liter echo enzim," ujar  Hasanuddin seperti dikutip dari keterangannya pada Rabu 31 Januari 2024.

Sesuai dengan arahan dari wali kota Makassar agar seluruh OPD, pemerhati lingkungan, bahkan dengan partisipasi dari seluruh masyarakat, tentunya optimis dapat meraih kembali Adipura.

Sebelumnya telah dilakukan pula secara serentak aksi kerja bakti, oleh seluruh OPD dan pemerhati lingkungan di Kota Makassar.