BOGOR, CEKLISSATU – Tim SAR gabungan hingga saat ini masih terus melakukan pencarian terhadap korban longsor di Desa Sentul Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Senin (25/3/2024).

Bencana longsor yang terjadi pada Minggu (24/3/2024) telah mengakibatkan satu unit rumah milik warga terbawa longsor.

Kapolsek Babakn Madang, Kompol Susilo Tri Wibowo menyebutkan bahwa identitas korban yang dicari telah teridentifikasi atas nama Anah (65) seorang ibu rumah tangga.

Tim pencarian terdiri dari berbagai instansi dan organisasi, termasuk Polsek Babakan Madang, Tagana Kabupaten Bogor, TKSK Kecamatan Babakan Madang, Basarnas Pusat, BPBD Kabupaten Bogor, Damkar Rescue, TNI Koramil Citeureup, dan sejumlah relawan dari masyarakat setempat.

Baca Juga : Sejumlah Wilayah di Kabupaten Bogor Diterjang Banjir dan Longsor, Berikut Ini Daftarnya

“Hingga saat ini, proses pencarian korban masih terus dilakukan dengan menyusuri sungai dari titik kejadian hingga sejauh kurang lebih 1 kilometer,” ungkap Susilo dalam keterangan tertulisnya. 

Ft Pencarian Korban 2.webp
PROSES PENCARIAN: Tim Gabungan masih terus melakukan pencarian korban longsor di Desa Sentul Kabupaten Bogor. FOTO: ISTIMEWA

“Meskipun cuaca dan kondisi alam tidak selalu mendukung, tim gabungan tetap semangat dan tekun melakukan pencarian,” tambahnya.

Susilo juga menyampaikan bahwa mereka akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menemukan korban dan memberikan bantuan kepada keluarga yang terdampak.

Sementara itu, Kepala Basarnas Pusat pun juga menambahkan bahwa koordinasi dan kolaborasi antarinstansi sangat penting dalam situasi seperti ini.

Dan mereka akan terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan efektivitas pencarian dan penanganan pasca-bencana.

Baca Juga : Berkunjung ke Lokasi Bencana Lebak Kantin,, Dedie A Rachim: Masif untuk Progam Pembersihan Saluran Air dan Drainase

“Segala upaya akan kita maksimal dan juga dukungan doa dari semua pihak dan juga warga masyarakat,” tuturnya.

Para warga setempat juga turut berpartisipasi dalam pencarian ini, menunjukkan solidaritas dan kepedulian terhadap sesama dalam situasi darurat seperti ini.

Hingga berita ini diturunkan, proses pencarian korban masih berlangsung. Pihak kepolisian menyampaikan akan terus memberikan informasi terkini seputar perkembangan pencarian dan penanganan pasca-bencana di Desa Sentul Kabupaten Bogor.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Agus Suyatna mengungkapkan, titik banjir dan longsor di antaranya terjadi di sekitar Cibinong, Babakan Madang, Sukaraja, dan Bojonggede. 

“Sampai saat ini ada korban di Desa Sentul yang masih dalam pencarian,” ungkap Agus Suyatna kepada ceklissatu.com, Senin (25/3/2024).