BOGOR, CEKLISSATU -- Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengaku sangat mengapresiasi program dari pemerintah pusat kebijakan yang diambil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan program berkelanjutan oleh presiden terpilih, khususnya sektor pembangunan di tingkat desa akan semakin maju.

Hal itu ia sampaikan usai menghadiri giat penyerahan keputusan Bupati Bogor tentang pengesahan masa jabatan 416 kepala desa di Kabupaten Bogor, yang berlangsung di GOR Laga Satria, Jalan Lingkar Stadion Pakansari, Kamis (30/5/2024).

"Masing-masing jabatan kepala desa diperpanjang dua tahun, dan kita cukup optimis ke depan bangsa Indonesia semakin maju," ungkap Rudy Susmanto.

Baca Juga : Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Pemkab Bogor Segera Perbaiki Jalan Rusak 

Selain itu, Rudy Susmanto juga yakin dan optimis bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto akan melanjutkan dan menyempurnakan apa yang sudah dilakukan dan dikerjakan Presiden Jokowi.

Ia menilai, hal tersebut adalah langkah konkret. Dilihat bahwa program-program bisa berjalan dan awal kepemimpinan presiden terpilih betul-betul memiliki tujuan bersama dalam membangun bangsa Indonesia ke depan.

"Kami yakin dan optimis Prabowo Subianto sangat fokus, khususnya pembangunan di tingkat bawah atau desa membangun bersama. Dan menyiapkan langkah-langkah kebijakan yang tentunya diperjuangkan untuk kemakmuran masyarakat kita semua," terang Rudy Susmanto.

Kemudian terkait Pilkada serentak yang akan digelar pada November mendatang, Rudy Susmanto berharap, siapapun nanti yang memimpin Kabupaten Bogor ke depan ingin program unggulan yang sudah dilakukan oleh kepala daerah sebelumnya, yaitu program bantuan Samisade untuk desa nilainya bisa ditambah lebih dari Rp1 miliar.

Baca Juga : Jelang Pelaksanaan PPDB, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Minta Jangan Penyimpangan

"Kita berpikirnya siapapun yang memimpin Kabupaten Bogor, berharap anggaran bantuan keuangan untuk desa ada anggaran khusus. Salah satunya menjadikan kantor desa sebagai pusat pelayanan tingkat desa. Bukan hanya pelayanan kantor desa, tetapi bisa menjadi pusat pelayanan kesehatan, sosial, dan tentunya harus butuh anggaran," tuturnya.

Rudd Susmanto melanjutkan, disamping program-program yang sudah dicetuskan dan dicanangkan oleh bupati terdahulu programnya cukup bagus dan baik. Tentunya program ini harus dijaga bersama-sama, dipelihara, dilanjutkan, dan disempurnakan. 

"Bicara percepatan pembangunan sangat efektif dan baik. Kalau pun ada beberapa permasalahan, permasalahan tersebut tidak di 416 desa, hanya di beberapa desa tertentu saja. Tentunya program yang sudah baik dilaksanakan oleh pendahulu pemimpin Bogor yang baik. Saya secara pribadi mengapresiasi program yang sudah dicanangkan Bupati sebelumnya, yaitu Ade Yasin dan Iwan Setiawan," kata Rudy Susmanto.

Rudy Susmanto berpesan, program tersebut mudah-mudahan siapapun yang memimpin Kabupaten Bogor ke depan dilanjutkan dan disempurnakan, kalau perlu anggarannya ditambah. 

"Pembangunan fisik hari ini butuh kerja bersama-sama, khususnya di tingkat desa," pungkasnya.