BOGOR, CEKLISSATU ' Memasuki minggu kedua bulan suci Ramadan 1445 hijriah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor diminta Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto untuk bisa memastikan ketersediaan stok dan juga harga beras

Hal itu dimaksudkan Rudy, sebagai antisipasi pemerintah pada saat warga Kabupaten Bogor ingin menunaikan zakat fitrah serta Hari Raya Idul Fitri. 

"Kita harus memastikan stoknya cukup dan harganya wajar," ujar Rudy, Selasa (20/3/2024).

Menurutnya, meskipun zakat fitrah bisa dikonversi dengan bentuk uang, tapi sebagian umat Islam di Bumi Tegar Beriman merasa lebih afdol menunaikan zakat fitrah menggunakan beras berkualitas setara dengan yang biasa mereka konsumsi sehari-hari.

Baca Juga : Posko Pengaduan THR Lebaran 2024 Dibuka Kembali, Menaker Ida Fauziyah Bilang Begini

“Sehingga, distribusi zakat fitrah berupa beras kepada warga dhuafa bisa lebih terarah dan afdol,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wakil Sekjen Partai Gerindra itu juga  menyarankan agar Pemkab Bogor berkoordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) dan daerah-daerah tetangga penghasil beras, mengingat beberapa daerah akan memasuki masa panen raya pada bulan ini.

“Intinya kita harus menghitung dengan cermat agar masyarakat tidak kesulitan mencari beras di pasaran, terutama untuk kebutuhan zakat fitrah dalam beberapa hari ke depan ini," imbuhnya.