BOGOR, CEKLISSATU - Adanya keinginan Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu yang menginginkan agar Kabupaten Bogor bisa terlepas dari predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP), yang diberikan BPK-RI Perwakilan Jawa Barat selama beberapa tahun ke belakang. Mendapat dukungan dari Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.

Menurut Rudy, apa yang diwacanakan Pj Bupati Bogor itu patut mendapatkan dukungan. Karena, selama ini banyaknya penggunaan anggaran belanja pendapatan daerah (APBD) yang tidak terserap, hingga memunculkan predikat WDP.

“Upaya merubah WDP menjadi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Pj Bupati Bogor, harus kita dukung,” tutur Rudy Susmanto, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga : Diskominfo Kabupaten Bogor Tanggapin Area Blank Spot yang Buat Gibran Keheranan

Karena dengan mendapat predikat WTP, masih kata Politisi Partai Gerindra itu, membuktikan tata kelola keuangan pemerintah daerah bisa berjalan dengan baik.

“Saya mendukung Pak Asmawa untuk membenahi tata kelola pemerintahan daerah, agar ke depan dapat predikat WTP,” kata Rudy.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan, predikat WDP didapatkan Kabupaten Bogor karena masih terdapat kerugian negara sebesar Rp6 miliar yang saat ini tersendat di sejumlah penyedia jasa.

“Makannya saya tugaskan Inspektorat dan BPKAD untuk menagih kerugian negara tersebut. Kita diberikan waktu 60 hari oleh BPK untuk menagih itu. Totalnya sekitar Rp 6 miliar,” laga Asmawa.

Untuk itu, dirinya akan menginstruksikan kepada Inspektorat dan Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) untuk menagih uang kepada sejumlah penyedia jasa usai laporan keuangan Kabupaten Bogor kembali mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK-RI Perwakilan Jawa Barat.

“Ya kalau (penyedia jasa) tidak mau mengembalikan uangnya maka akan kami limpahkan ke aparat penegak hukum,” tegas Asmawa.

Dia pun menginginkan ke depan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK terhadap keuangan Kabupaten Bogor menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Namun dengan catatan semua berjalan dengan baik sesuai aturan.

“Saya menargetkan ke depan Pemkab Bogor mendapatkan predikat WTP, caranya dengan melaksanakan secara tuntas tunggakan rekomendasi BPK-RI Perwakilan Jawa Barat selama beberapa tahun terakhir,” pungkasnya.