BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, memberikan bantuan pertanian kepada kelompok tani di wilayah Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Dilaksanakan dalam kegiatan Bogor Keliling, bantuan yang diberikan langsung Bupati Iwan Setiawan itu meliputi benih padi kepada Kelompok Tani Petani Putra Jaya, penyerahan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Tani Karya Mukti. 

Kemudian, penyerahan Benih Anak Ayam Petelur (Day Old Chick) sebanyak 400 ekor Kepada Kelompok Tani Sauyunan, penyerahan Benih Ikan sebanyak 600 ekor jenis Ikan Koi dan Ikan Mas Koki Kepada Kelompok Mina Koi Cihowe serta penyerahan Benih Ikan sebanyak 4.000 ekor jenis Ikan Nila kepada Kelompok Mitra Usaha Desa Cibentang.

Baca Juga : Sebanyak 242 Pohon di Kota Bogor Rawan Tumbang

Iwan menyebutkan bahwa bantuan tersebut merupakan upaya Pemkab Bogor untuk mendukung Kecamatan Ciseeng sebagai wilayah pengembangan minapolitan di Kabupaten Bogor.

“Bantuan ini kami berikan sebagai wujud pemerintah hadir untuk meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian para petani serta pengembangan wilayah minapolitan di Kabupaten Bogor,” kata Iwan, Selasa 7 November 2023.

Untuk AUTP, tahun ini Pemkab Bogor mengalokasikannya untuk 25 ribu hektare. Jumlah tersebut diketahui dua kali lebih besar dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun lalu di 2022 kita menargetkan hanya 10.000 hektare sawah yang diasuransikan, nah tahun ini sebagai bagian dari antisipasi kita naikkan jadi 25 ribu hektare. Karena sejak jauh hari juga BMKG telah memprediksi dampak kekeringan ini, jadi kita juga sosialisasikan ke para petani,” jelas Iwan.

Menurutnya, peningkatan AUTP tersebut diberikan kepada para petani yang mengalami gagal panen akibat dampal El Nino.

"Ini untuk para petani yang mengalami gagal panen. Ini langkah yang kami lakukan untuk melindungi mereka di tengah kondisi saat ini," kata Iwan.

ERUL