JAKARTA, CEKLISSATU - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengatakan, pihak Polri siap mengamankan proyektil sisa-sisa kebakaran gudang amunisi di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. 

Selain itu juga, pihaknya siap melakukan patroli di sekitar lokasi kebakaran gudang amunisi itu. 

“Kami memiliki tenaga profesional, kami siap membantu apabila ada material ledakan yang terlempar jauh, dekat dengan pemukiman masyarakat atau di tempt umum,” kata Karyoto kepada wartawan, Minggu 31 Maret 2024.

Karyoto menambahkan, sejumlah personel dari kepolisian diterjunkan di sekitar lokasi kebakaran gudang amunisi, sambil tetap berkoordinasi dengan pihak TNI mengenai wilayah yang perlu disterilkan.

Baca Juga : Pangdam Jaya Pastikan Tak Ada Korban Jiwa Akibat Kebakaran Gudang Amunisi di Ciangsana Bogor

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, apabila menemukan sisa-sisa proyektil sisa kebakaran gudang amunisi, agar segera melaporkan ke petugas setempat.

“Jika menemukan sisa proyektil, jangan diutak-atik. Segera lapor kepada petugas. Hal itu harus ditangani oleh yang betul-betul profesional. Kalau dari pihak kami, nanti Brimob yang akan turun,” tegas Karyoto.

Sementara itu dalam update terakhir kebakaran gudang amunis TNI tersebut, Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, memastikan kebakaran sudah padam.

“Dipastikan titik api sudah berhasil dipadamkan, sekitar pukul 03.45 WIB tadi,” kata Hasan. 

Hasan mengungkapkan, petugas telah melakukan langkah-langkah untuk memadamkan api akibat ledakan yang menimbulkan kebakaran gudang amunisi nomor enam Gudmurah, Kodam Jaya, yang berisi munisi kedaluwarsa.

Saat ini, tambah Hasan, petugas sedang dalam proses pendinginan di sisa kebakaran gudang amunisi, untuk mengantisipasi adanya perambatan api, agar bisa dipastikan semua aman.

"Tadi kami sudah melakukan langkah-langkah penanganan pemadaman titik api dari gudang amunisi nomor enam," imbuhnya.