BOGOR, CEKLISSATU - Sebanyak 1.300 personel petugas gabungan meliputi TNI, Polri, Pemerintah Kota Bogor, Satpol PP, Dishub hingga BPBD Kota Bogor siap mengamankan Libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengatakan bahwa dalam persiapannya telah dilakukan pengecekan kesiapsiagaan para personel yang bertugas selama 12 hari kedepan mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

"Kegiatan ini adalah bagian dari kesiapan kita dari Polri bersama dengan TNI, instansi terkait dan elemen masyarakat mengamankan wilayah Kota Bogor pada pelaksanaan ibadah Natal dan liburan Tahun Baru," ucapnya usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 di Alun-alun Kota Bogor pada Kamis, 21 Desember 2023.

Baca Juga : Kemenag Umumkan Pembukaan Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji, Dimulai 9 Januari 2024

Menurut Bismo, selain tempat ibadah gereja, pengamanan untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat juga dilakukan di tempat wisata dan kuliner, termasuk rumah kosong yang ditinggal mudik oleh warga di wilayah Kota Bogor dengan enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan. 

Terkait pengamanan gereja, Bismo menyebut, berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas sektoral pihaknya akan melibatkan petugas pengamanan di lingkungan masing-masing gereja.

"Petugas pengamanan dalam ini harus peka dan berani menegur ketika ada kecurigaan. Misalnya ada orang jarang datang, tiba-tiba datang boleh untuk menegur dari mana, atau ketika membawa barang bawaan boleh mempersilahkan untuk membukanya dalam rangka pengamanan," ungkapnya.

Untuk memastikan keamanan dalam perayaan Natal, lanjut Bismo, akan dilakukan sterilisasi gereja dengan melibatkan tim Jihandak Satuan Brimob.

Dalam operasi ini, masih kata Bismo, pengamanan Natal dan Tahun Baru juga meliputi pengamanan arus lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan dan tindakan kejahatan di jalanan.

"Kita juga akan menggencarkan operasi miras (minuman keras) dan petasan (mercon) untuk mencegah penyalahgunaannya yang berbahaya bagi diri sendiri juga orang sekitarnya," katanya.