JAKARTA, CEKLISSATU - Komandan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) memberikan tanda kehormatan Satya Lencana Dwidya Sistha kepada Prof Henry Manik, Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University.

Satya lencana merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Warga Negara Indonesia bukan prajurit TNI yang berjasa di dalam bidang pendidikan, pertumbuhan dan pembinaan TNI karena jabatannya selaku guru/instruktur pada lembaga pendidikan TNI telah menunjukkan kesetiaannya juga prestasi kerja dalam menyelenggarakan pendidikan.

Pemberian tanda kehormatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 110/TK/Tahun 2023 tanggal 30 Oktober 2023 yang diberikan kepada Prof Henry Manik, Dosen IPB University yang bertugas sebagai Instruktur Luar Kodikopsla Kodikal.

Baca Juga : Mahasiswa IPB University Ciptakan Sheeco: Media Tanam Hidroponik All in One

“Penghargaan ini adalah pengakuan atas semua usaha yang telah dilakukan saya bersama TNI AL. Penghargaan ini juga menjadi motivasi saya untuk terus berusaha dan berinovasi,” ujar Prof Henry, seperti dikutip dari laman resmi IPB, Rabu 10 Januari 2024.

Sebagai akademisi, lanjut dia, ia merasa bertanggungjawab untuk memperkenalkan keilmuannya terkait teknologi akustik bawah air yang bermanfaat untuk eksplorasi sumberdaya dan lingkungan lautan salah satunya untuk dunia militer dan khususnya dalam mengawasi teroris bawah laut (underwater terrorist).

“Teknologi akustik juga dapat digunakan dalam Pembangunan Dinas Fasilitas Pangkalan TNI Angkatan Laut (Disfaslanal) serta aplikasinya untuk hidrografi khususnya hidrografi militer,” tutup Prof Henry.