JAKARTA, CEKLISSATU - Jalan rusak yang menjadi akses Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mendapatkan dana perbaikan dari Kementerian PUPR sebesar Rp110 miliar. 

Ruas jalan itu adalah wisata Goa Batu Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, perbaikan akses jalan ke IKN itu telah sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

“Presiden Jokowi mengarahkan agar perbaikan dimulai pada Juli 2023 ini,” kata Basuki, seperti dalam keterangannya, Selasa 1 Agustus 2023.

Baca Juga : Optimis Pembangunan IKN Tepat Waktu, Kemenkeu: Jadi Kota Cerdas dan Layak Dicintai

Basuki menjelaskan, dana perbaikan sebesar Rp110 miliar itu mencakup penanganan Jalan Akses Wisata Goa Batu-Tapak sepanjang 9,7 km dikerjakan dalam dua paket pekerjaan, yakni Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 1 sepanjang 4,8 km dengan kontraktor PT Duta Mega Perkasa dengan nilai kontrak Rp34 miliar.

Selanjutnya, perbaikan Jalan Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 2 sepanjang 3,5 km dengan kontraktor PT Pesona Jaya senilai Rp33,2 miliar. Basuki 

“Pengerjaan ini ditargetkan rampung pada Desember 2023 mendatang,” jelas Basuki

Basuki menambahkan, perbaikan Jalan Akses Wisata Goa Batu - Tapak Raja mulai dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR setelah terkontrak 25 Juli 2025 lalu.

“Jalan ini terhubung dengan Jalan Nasional Samboja-Sepaku menuju Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan Destinasi Wisata Goa Batu Tapak Raja, termasuk permukiman transmigran Semoi-Sepaku di Desa Wonosari,” ujar Basuki

Jalan itu melayani jalur transmigrasi, banyak perkebunan, pertanian, dan peternakan.

“Untuk memudahkan penyaluran hasil perkebunan dan pertanian ke kawasan IKN, maka jalan ini harus diperbaiki,” tutup Basuki.