BOGOR, CEKLISSATU - Dalam rangka meningkatkan keandalan pasokan listrik khususnya untuk wilayah Kabupaten Bogor, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bogor mengoptimalkan peralatan infrastruktur kelistrikan melalui pekerjaan penggantian relay auto reclose pada Bay Tambun 2 GITET 500 kV Cibinong. 


Sejumlah personil diterjunkan dalam melaksanakan pekerjaan, diantaranya Tim Pemeliharaan Proteksi dan Tim Konstruksi UIT JBT, Tim Pemeliharaan Proteksi ULTG Bogor dan Petugas Pemeliharaan Jaringan GI/GITET Cibinong. PLN juga menggandeng PT. Enindo Orbitama selaku kontraktor, untuk berkolaborasi melaksanakan pekerjaan penggantian relay auto reclose di GITET 500 kV Cibinong.


Sebelum memulai pekerjaan, Tim PLN melakukan safety briefing dan pemasangan safety line agar pekerjaan dilakukan sesuai dengan prosedur sehingga seluruh tahapannya dapat diselesaikan secara aman, selamat dan terhindar dari kecelakaan kerja.

Baca Juga : Hendak Ambil Layangan, Bocah di Citeureup Tersengat Listrik


Pemeliharaan ini juga sudah melakukan pengujian peralatan sesuai dengan prosedur dan standar PLN yang berlaku untuk memastikan reability, availability dan efisiensi juga mengurangi risiko terjadi kegagalan atau kerusakan peralatan.


PLN berkomitmen untuk meremajakan peralatan yang sudah berumur (obsolete) secara bertahap yang sudah disusun roadmap program kerja setiap tahunnya. PLN juga konsisten untuk selalu meremajakan peralatan sistem proteksi dengan yang termutakhir saat ini.


Penggantian terhadap peralatan sistem proteksi yang obsolete dapat meningkatan keandalan sistem penyaluran 500 kV (backbone Jawa-Madura-Bali). Kaidah sistem proteksi terkini juga dapat dipenuhi oleh peralatan baru tersebut. Kelebihan relay auto reclose baru yang dipasang pada Bay Tambun 2 GITET 500 kV Cibinong yaitu memiliki fitur disturbance fault record yang dapat mempercepat analisa gangguan sehingga mempercepat waktu recovery.


Durasi pekerjaan penggantian relay auto reclose dilaksakan selama 24 jam, dengan padam sejak 12 Agustus 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 13 Agustus 2023 pukul 06.00 WIB.


“Seluruh tahapan pekerjaan telah selesai dilakukan dengan aman, pekerjaan penggantian Relay GITET Cibinong ini kami laksanakan untuk menjaga kehandalan kelistrikan agar dapat dinikmati masyarakat serta menjaga komitmen PLN dalam menjaga dan meningkatkan kehandalan pasokan listrik,” terang Made Gita Mardika selaku Manager PLN UPT Bogor, Rabu 16 Agustus 2023.


General Manager PLN UIT Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono turut memberikan komentarnya terhadap pekerjaan ini, “Penggunaan peralatan elektronik yang termutakhir untuk sistem proteksi tentunya berdampak pada keandalan jaringan. Fault clearing time yang diperoleh juga dapat lebih cepat, Sehingga penurunan tegangan yang dirasakan konsumen pun berkurang. Sehingga, saat terjadi gangguan permanen pada jaringan juga dapat dianalisa dengan cepat, waktu recovery gangguan menjadi lebih cepat,” tutur Tejo.