BOGOR, CEKLISSATU - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tunas Indonesia Raya (TIDAR) ke-15 tahun 2023, Pengurus Cabang (PC) TIDAR Kota Bogor menggelar aksi peduli lingkungan bersih-bersih di area sungai Ciliwung dengan menggandeng komunitas-komunitas di wilayah Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah pada Jumat, 7 Juli 2023.

Ketua PC TIDAR Kota Bogor, Irpan Effendi, SE., MM., mengatakan bahwa PC TIDAR Kota Bogor menyambut antusias HUT TIDAR ke-15. Aksi peduli lingkungan salah satu penerapan cinta indonesia yakni menjaga alam serta lingkungan sungai yang memang masih banyak sampah rumah tangga di area sungai Ciliwung khususnya sampah plastik yang menjadi sumber pencemaran lingkungan.

"Sungai Ciliwung merupakan sungai bersejarah di Indonesia, jangan sampai ikut tercemar akibat sampah, aktivitas pertanian, limbah industri dan peternakan sebab keadaan itu bisa membuat sungai Ciliwung selalu dikaitkan dengan bencana banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta, karena membentang dari hulu di daerah Bogor dan mengalir sampai ke hilir pantai utara Jakarta," ucapnya kepada Ceklissatu.com.

Baca Juga : Jerman Bakal Denda Hingga 3.000 Euro Jika Merokok di Mobil Bersama Anak-Anak atau Ibu Hamil

Menurut Ipank Aoet sapaan karibnya, aksi peduli lingkungan sungai Ciliwung berkolaborasi dengan tiga komunitas yakni satgas ciliwung tim 3, komunitas Ojeg Online, dan Pemuda Harapan Bogor.

Pada momentum harlah TIDAR ke-15 tahun ini, masih kata Ipank, pihaknya ingin bersama-sama melakukan bakti sosial dan peduli dalam menjaga kelestarian alam di Kota Bogor khususnya di area sungai Ciliwung

"Apa lagi di musim hujan saat ini akan rawan banjir daerah Jakarta dikarenakan kiriman air dari kali ciliwung, setidaknya dengan kepedulian membersihkan sampah plastik di bantaran sungai akan sedikit mengurangi pencemaran air. Untuk aksi kali ini kita berhasil membersihkam muatan sampah sekitar 50 karung sampah atau kurang lebih beratan 1 ton," jelasnya.

Ipank berharap, para pemuda dan masyarakat di Kota Bogor bisa bersama-sama menjaga lingkungan sungai Ciliwung dengan tidak membuang sampah ke bantaran sungai.

Sementara itu, TIDAR merupakan sayap partai Gerindra yang mewadahi para kaum muda atau milenial khususnya Gen Z dan Gen Y sebagai rasa syukur saat ini, dan mempunya filosofi lima Cinta. "Filosofi 5 cinta ini yakni Cinta Diri, Cinta Sesama, Cinta Belajar, Cinta Kesantunan dan Cinta Indonesia," katanya.