BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor melakukan uji kelayakan terhadap kendaraan angkutan lebaran, yang akan mengangkut pemudik lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah, di beberapa pool bus yang ada di Kabupaten Bogor, Rabu (3/4/2024).

"Hari ini kita melakukan tes keselamatan atau ramp check terhadap bus angkutan Lebaran. Saat ini kita ada di salah satu pool. Kita melakukan pengecekan, kelaikan dari kendaraan yang digunakan dalam rangka angkutan mudik Lebaran," kata Kadishub Kabupaten Bogor, Agus Ridhallah.

Dari sebagian besar kendaraan bus yang diuji kelayakannya oleh petugas. Agus Ridhallah menjelaskan, seluruhnya sudah laik jalan untuk mengangkut pemudik. Namun, jika memang ada kendaraan yang terbukti tidak layak jalan pada saat diperiksa petugas, maka akan ada sanksi yang diberikan baik kepada supir mau perusahaan organda.

Baca Juga : Pedagang Pedati dan Lawang Seketeng Kompak Dukung Jenal Mutaqin Jadi Bacawalkot Bogor

"Alhamdulillah bagus, jadi dari mulai sistem pengereman, lampu, dan semuanya itu cukup bagus. Kalau nanti ditemukan oleh tim tidak laik, tentunya kendaraan atau bus tersebut tidak bisa digunakan. Kecuali nanti ada perbaikan. Nanti dilihat apakah kerusakannya fatal atau kecil, yang tentunya nanti bisa diperbaiki ya," ujarnya.

Dirinya pun mengungkapkan, dengan adanya pengecekan tersebut, masyarakat bisa mudik dengan aman.

"Ini makanya pentingnya kita melakukan pengecekan. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa melaksanakan mudik Lebaran dengan aman, selamat, tertib, dan nyaman selama perjalanan," tuturnya.

"Yang jelas kan untuk bus yang digunakan untuk mudik harus laik. PO yang ada di Kabupaten Bogor sudah kita lakukan pengecekan, dan rata-rata laik. Ada mungkin yang tidak laik kerusakan kecil, tapi langsung diperbaiki," imbuhnya.