BOGOR, CEKLISSATU - Pengurus gugus depan pramuka Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bogor masa bakti 2023-2025 dikukuhkan Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Nurnawaly Amin di aula Lapas Kelas IIA Bogor, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah pada Kamis, 8 Juni 2023.

Kepala Lapas Kelas IIA Bogor, Sopian mengatakan bahwa pembentukan gugus depan pramuka Lapas Paledang sebelumnya sudah ada dan kini kembali diaktifkan dengan tujuan Pemerintah Kota Bogor melalui Kwarcab Pramuka mampu memberikan kontribusi kepada warga binaan yang notabene warga Kota Bogor. 

Baca Juga : Direksi Perumda Tirta Pakuan Tunjukan Kualitas IPA Dekeng ke Perwakilan Delegasi ASEAN

"Paling tidak ada gerakan pramuka memberikan pelatihan dan program pembinaan terkait dengan karakter karena bagaimana pun warga binaan ini adalah masyarakat Kota Bogor sehingga karakternya perlu dibentuk supaya kedepannya mereka bisa menjadi masyarakat yang baik," ucapnya kepada awak media.

Adapun perbedaan gugus depan pramuka Lapas Paledang Bogor dengan gugus depan lainnya yakni dari keanggotaannya, sebab dalam gugus depan prmauka Lapas Paledang beranggotakan seluruhnya warga binaan.

"Perbedaan lainnya disini dalam hal pemberian pembinaan harus melihat situasi kondisi keamanaan di dalam lapas, termasuk program itu harus berkaitan dengan program kepribadian yang ada di lapas," jelasnya.

Pembinaan di dalam Lapas Paledang, sambung Sopian, ada dua diantaranya pembinaan kepribadian dan kemandirian. Terkait dengan pembinaan pramuka, warga binaan akan ditekankan kepribadiannya agar terventuk kesadaran dalam berbangsa dan bernegara.

"Kedua pembinaan kemandirian, dimana pembinaan ini kami bekerjasama dengan BLK dan para pengusaha dari luar untuk mengembangkan kreatifitas khusus di bidang kemandirian warga binaan menyangkut masalah skill mereka hingga mempersiapkannya untuk kembali ke masyarakat," ungkpanya.

Kendati demikian, Sopian mengaku tidak seluruh warga binaan yang ada di lapas dapat mengikuti kepramukaan, sebab yang dikedepankan adalah bagaimana perwakilan warga binaan yang sudah mengikuti pramuka bisa menularkan ilmu yang didapatnya untuk disebarkan kembali ke warga binaan lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Nurnawaly Amin menyambut hangat dan mengapresiasi langkah Lapas Paledang Bogor untuk mengaktifkan kembali gugus depan pramuka.

Menurut Nurwali sapaan karibnya, sudah menjadi target pihaknya untuk melakukan pembinaan kepramukaan bagi warga binaan di Lapas Paledang Bogor, apalagi warga binaan tersebut merupakan warga Kota Bogor.

"Tentunya gerakan pramuka sangat konsen dalam pendidikan karakter, kemudian peningkatan wawasan kebangsaan dan bela negara. Nanti kita coba berikan kepada warga binaan yang tadi sudah direkrut sebagai anggota pramuka. Kami sepakat juga memang tidak bisa seluruhnya kita laksanakan karena ada kapasitas dan hal-hal yang bisa kita perhatikan, namun harapannya ini bisa membawa virus positif bagi warga binaan lainnya," katanya.