Germas, Kolaborasi Nyata BPN Jakarta Selatan dengan Pemkot Jakarta Selatan dan PWI DKI

JAKARTA, CEKLISSATU - Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) berupa penanaman pohon dihelat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan dengan menggandeng Pemprov DKI Jakarta dan Pokja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Penanaman pohon produktif berlangsung di halaman Kantor Pertanahan Jakarta Selatan, Jalan Raya Tanjung Barat, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jumat (31/5/2024).

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ali Murthadho mengatakan, Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengapresiasi langkah BPN Jakarta Selatan yang sudah meluncurkan program Germas dengan melakukan senam kebugaran dan penanaman 50 pohon produktif.

“Germas bukan sekedar program, namun merupakan nyata komitmen Pemerintah Kota Jakarta Selatan untuk mendorong gaya hidup sehat dan memperkuat sistem kesehatan masyarakat,” kata dia. 

Selain itu, lanjut Ali, penanaman pohon dapat menambah keindahan kota, juga mengurangi dampak negatif perubahan iklim dan memberikan manfaat ekologi yang besar bagi lingkungan. 

Ia pun mengapresiasi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pokja PWI Jakarta Selatan dengan Kantor Pertanahan Jakarta Selatan.

“Diharapkan dengan kerja sama yang ada, akan membuka pintu sinergi yang lebih erat antara media dan pemerintah dalam menyampaikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Ali Murthadho. 

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Selatan, Tentrem Prihatin, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jakarta Selatan dan Pokja PWI Jakarta Selatan atas sinergitas dalam upaya menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat. 

Dikatakannya, 50 pohon yang ditanam di antaranya Pohon Mangga, Jambu, Kelengkeng, Sukun, Alpukat Cipedak dan lain sebagainya.

“Dengan penghijauan ini, nantinya masyarakat yang ingin melakukan kunjungan layanan ke sini menjadi semakin nyaman,” ujarnya.

Ketua Pokja PWI Jaksel, Joni Matondang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jakarta Selatan, dan Kantor Pertanahan Jakarta Selatan serta pemangku kepentingan lainnya yang telah terbuka untuk bersinergi.

“Jadi harapannya saya, sinergitas antara Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya selalu ditingkatkan di masa yang akan datang, dan jika bisa situasi yang sudah positif terus dijaga,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan, Mukhlisin, Kepala Suku Dinas KPKP Jaksel, Hasudungan A Sidabalok, Camat Jagakarsa, Santoso, dan lurah se-Kecamatan Jagakarsa.

Sementara Ketua PWI Provinsi DKI Jakarta, Kesit Budi Handoyo yang menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan rasa bangganya bahwa PWI Pokja Jakarta Selatan mendapat kepercayaan dalam melaksanakan kegiatan.

“Program kegiatan pemerintah dalam hal penanaman pohon adalah hal yang positif. Jangan berhenti sampai disini. Terus berkarya untuk masa yang akan datang,” ujarnya. 

Selain itu, Sekretaris PWI Pokja Jakarta Selatan Sugeng Bariyadi mengatakan, MoU yang disaksikan oleh semua yang ikut acara adalah hal yang begitu sangat baik. 

“Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih, terima kasih untuk semua yang terlibat acara. Khusus Ketua PWI Pokja Jakarta Selatan yang saya hormati dan banggakan, terima kasih Ketua,” ujarnya.