BOGOR, CEKLISSATU - Publikasi hasil penelitian skala internasional, kini menjadi target  dosen di seluruh Perguruan Tinggi. Selain memiliki nilai yang tinggi, publikasi internasional juga akan semakin memperluas hasil penelitian dan berdampak untuk masyarakat. Untuk itu, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (Unida) bersama Badan Pengembangan Keilmuan (BPK) Unida menyelenggarakan one day writing untuk mendorong sosen-dosen mendapatkan publikasi internasional.

Dekan FISIPKOM Ginung Pratidina menyampaikan, pihaknya selalu mendukung target Universitas Djuanda, khususnya mempublikasikan hasil penelitian di skala internasional. 

Baca Juga : Puluhan Warga Cianjur Jadi Korban Penipuan Arisan, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

"Ini merupakan kegiatan yang kedua pada tahun 2023, kami selalu mendorong dan mendukung baik dosen maupun mahasiswa untuk dapat mempublikasikan hasil penelitian di jurnal-jurnal internasional," katanya, Rabu 08 Maret 2023.

Dekan Ginung menambahkan, upaya mendorong dosen dan mahasiswa untuk dapat mempublikasikan jurnal di publikasi internasional, juga untuk mendukung rencana Kampus Unida dalam meraih target menjadi Universitas Unggul.

"Ini perjuangan bersama-sama, kami juga selalu mendukung dan ikut berikhtiar untuk mewujudkan cita-cita Universitas Djuanda Kampus Bertauhid menjadi Universitas Unggul," tambahnya. 

Hadir sebagai narasumber, Kepala BPK Rasmitadila menyampaikan, untuk dapat memublikasikan jurnal di penyedia jurnal internasional harus tahu website-website yang menyediakan layanan rekomendasi penyedia jurnal yang sesuai dengan judul dan ringkasan dari jurnal yang telah dibuat. 

"Ada beberapa website yang bisa digunakan sesuai dari publiser masing-masing. Bisa dari Elsevier, Taylor and Francis dan beberapa lagi. Setelah mengisi bagian judul dan abstract, nanti para suggested finder tersebut akan memberikan rekomendasi penyedia jurnal beserta nominal biaya publikasi serta durasi respon dari masing-masing penyedia," katanya. 

Dalam pelatihan tersebut, Rasmitadila juga memotivasi  Dosen-dosen FISIPKOM untuk berani menulis dan mempublikasikan jurnal di jurnal internasional.