BOGOR, CEKLISSATU DPRD Provinsi Banten mengapresiasi implementasi Smart City di Kabupaten Bogor.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, Ahmad Jazuli saat melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Senin 6 Mei 2024.

Ahmad Jazuli mengatakan, banyak mendapatkan informasi yang bermanfaat khususnya terkait rencana pengembangan Smart City.

Baca Juga : PGN Dorong Pemanfaatan Energi Bersih Dalam Mewujudkan Smart City

“Saya melihat persiapan dan pembangunan Smart City di Kabupaten Bogor sudah maju, bahkan master plan-nya sudah ada sejak tahun 2018 dan terus dievaluasi. Diantara pengembangan Smart City di Kabupaten Bogor salah satunya yakni aspek pelayanan sudah melalui digitalisasi,” kata Ahmad.

Ahmad menambahkan, Kabupaten Bogor juga sudah memiliki Command Center, kemudian aset sumber daya manusianya juga sudah ekspert. Jadi kami banyak belajar beberapa inovasi terutama terkait kecepatan pelayanan digital kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Dadang Imansyah menjelaskan, kunjungan kerja DPRD Provinsi Banten untuk mempelajari secara langsung implementasi Smart City di Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Dukung Ekosistem Digital dan Transformasi Kerja Baru di IKN, Kemensetneg: Smart City Bukan Hanya Konsep

Pemprov Banten akan mengembangkan Smart Province, dan Kabupaten Bogor dijadikan tujuan untuk mempelajari hal tersebut karena dianggap berhasil.

“Hari ini mereka melihat secara langsung implementasi Smart City di Kabupaten Bogor. Terutama untuk membentuk Smart Province, mereka harus membuat master plan, dan bahan master plan tersebut harus mengacu kepada pelaksanaan Smart City kota kabupaten di Banten,” jelas Dadang.