CIANJUR, CEKLISSATU -  Pesantren Al-Barkah di Jalan Kiai Haji Hasyim Asy'ari, Kelurahan Solok Pandan, Kecamatan Cianjur Kota, terbakar saat ditinggal para santri mengikuti pawai Hari Santri Nasional, Minggu, 22 Oktober 2023. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun dugaan sementara kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik.


Pupu Saefulloh ketua RW setempat mengatakan, dirinya baru mengetahui terjadi kebarakan saat pulang dari rumah salah satu warganya yang meninggal dunia. 


"Kalau pesantren ini kan santri dan santriwati lagi pada ikut pawai acara hari santri, saya juga habis kerumah warga yang meninggal waktu saya pulang warga teriak-teriak, kebakaran. Saya lihat api sudah besar gak taunya bagian atas pesantren yang kebakar," ujarnya.

Baca Juga : Peringati Hari Santri Nasional, Polsek Batununggal Bandung Gelar Salawat Nariyah


Masih kata Saefulloh, warga dan petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api. Sebelumnya kata Saefulloh pemadam kebakaran sulit masuk ke lokasi karena gang sempit.


"Alhamdulillah api bis padam dan gak kena ke bangunan lain atau rumah warga," imbuhnya.


Beruntung tidak ada korban jiwa namun dugaan sementara kebakaran ini kata Saefulloh akibat adanya arus pendek diruangan atas pesantren.


"Dugaannya, mungkin korsleting listrik ya. Tapi Alhamdulillah tidak ada korban," tutupnya.