JAKARTA, CEKLISSATU –  Untuk mengantisipasi kepadatan arus pemudik, yang diperkirakan bakal mencapai 123 juta orang, pemerintah bakal mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan.

Para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua akan diarahkan ke Pelabuhan Ciwandan.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK,) Muhadjir Effendy mengatakan, ada beberapa penyesuaian kebijakan dalam penanganan arus mudik tahun ini, salah satunya penambahan pelabuhan selain Merak.

Baca Juga : Beri Rasa Aman Saat Mudik, Dishub Kota Bandung Lakukan Ini

"Secara umum memang ada penyesuaian-penyesuaian kebijakan dalam penanganan penyeberangan dari Merak-Bakauheni atau sebaliknya dibanding tahun lalu," kata Menko PMK Muhadjir Effendi kepada wartawan di Pelabuhan Merak saat meninjau kesiapan arus mudik di Pelabuhan Ciwandan hingga Merak , Senin 10 April 2023.

Penyesuaian kebijakan yang diterapkan pada mudik tahun ini adalah pengoperasian Pelabuhan Ciwandan. Di mana pada ,tahun lalu Pelabuhan Ciwandan hanya dipakai kondisional.

"Penambahan pelabuhan yang semula hanya Merak-Bakauheni sekarang ini ditambah Ciwandan, yang kemarin sifatnya hanya emergency hanya kondisional, sekarang kita pastikan Ciwandan akan dijadikan tempat pelabuhan penyeberangan di samping Merak," ujar Muhadjir.

Untuk mengangkut pemudik yang ke Sumatera, Pelabuhan Panjang di Lampung akan dipadankan dengan Pelabuhan Ciwandan.

"Kemudian dari arah Sumatera juga akan ada penambahan Pelabuhan, yaitu Pelabuhan Panjang. Jadi dengan demikian ada satu lagi dari Ciwandan itu bisa menuju ke Bakauheni atau ke Panjang," tutup Muhadjir.