BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor melakukan pelacakan terhadap keluarga pria asal Parungpanjang yang terpapar cacar monyet.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor, Agus Fauzi mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir pemaparan yang meluas khususnya di dalam keluarga.

"Pelacakan ke keluarganya dilakukan karena bisa saja anggota keluarganya (mengalami) gejala yang sama. Ini untuk meminimalisir penyebaran virus," kata Agus, Kamis 23 November 2023.

Baca Juga : Dinkes DKI Mulai Suntik Vaksin Cacar Monyet Dosis Kedua 

Agus menjelaskan cacar monyet mirip dengan cacar air. Karena untuk melawan itu daya tahan tubuh adalah hal yang harus dimiliki setiap orang.

"(Virus cacar monyet) ini seperti cacar air seperti itu, sebenernya kalau daya tahan tubuh dia bagus, dia bisa saja dengan proses rawat jalan, tapi kalau ada penyakit sekunder yang memang menyertai si cacar itu, butuh perawatan," jelas Agus.

Agus menyebut, pria yang terpapar virus cacar monyet itu kini tengah menjalani proses perawatan di salah satu Rumah Sakit (RS) di wilayah Tangerang Selatan.

"Katanya (RS Tangsel), karena dia dirawatnya di RS Tangsel ya, katanya si positif," jelasnya.