BOGOR, CEKLISSATU - Rumah Sakit (RS) Sentosa Bogor membenarkan adanya dugaan bayi tertukar dari warga Ciseeng, Kabupaten Bogor. Kejadian tersebut pun baru diketahui secara resmi oleh rumah sakit setahun kemudian.

"Peristiwa ini sebenarnya terjadi kami menduga terjadi sekitar 1 tahun yang lalu, keluarga bu Siti itu kemudian baru menginformasikan secara resmi itu dan sampai management rumah sakit itu di bulan Mei 2023," kata Juru Bicara RS Sentosa Bogor Gregg Djako dikonfirmasi, Jumat, 11 Agustus 2023.

Kata dia, saat mendapatkan laporan tersebut rumah sakit langsung mengadakan rapat dan memanggil para perawat yang diduga terlibat langsung dalam kasus ini. Termasuk memfasilitasi ibu SM selaku pasien RS Sentosa Bogor yang bayinya diduga tertukar.

Baca Juga : Begini Cerita Ibu di Bogor yang Diduga Bayinya Tertukar di Rumah Sakit

"Dan langkah rumah sakit selanjutnya, memfasilitasi juga untuk tes darah sebagai tes awal," jelasnya.

Beberapa pekan kemudian, pihak rumah sakit juga mengadakan pertemuan dengan keluarga dari pasien lain yang mana diduga bayi tertukar dengan ibu SM. Rumah sakit juga menawarkan tes DNA kepada keluarga tersebut, tetapi tidak bersedia.

"Kita adakan pertemuan dengan keluarga yang diduga tertukar yaitu keluarga B, saya sebut keluarga B. Kita mengadakan pertemuan dan dalam pertemuan itu kita menyampaikan hasil dari tes DNA, dan menawarkan ini supaya diselesaikan," ungkapnya.