CIANJUR, CEKLISSATU - Ribuan hektar lahan persawahan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengalami gagal panen akibat kekeringan di musim kemarau yang sudah terjadi lebih dari tiga bulan ini. Akibatnya, suplai beras dari para petani berkurang dan menyebabkan harga beras di pasar mengalami kenaikan, Jumat, 13 Oktober 2023


Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan segala bentuk iktiar Agar hujan turun salah satunya dengan mengadakan sholat Istisqa serentak di 32 kecamatan di Canjur yaitu sholat meminta diturunkan hujan oleh Alloh. 


"Ribuan hektar sawah kering dan sulit ditanami, iktiar kita salah satunya meminta diturunkan hujan oleh Alloh dengan shalat Istisqa serentak di 32 kecamatan, dan Alhamdulillah kemarin, Rabu (10/10) hujan disekitar Cianjur," ujarnya.

Baca Juga : Intip Prakiraan Cuaca Bogor Hari Ini, Jumat 13 Oktober 2023: Pagi Cerah


Masih Kata orang nomor satu di Cianjur itu, akibat dari kemarau ini banyak para petani gagal panen yang merata.


"Banyak yang gagal panen, akhirnya suplai beras berkurang permintaan tinggi,  harga beras jadi mahal di pasar," imbuhnya.


Herman melanjutkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur  akan menyalurkan bantuan beras dari Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) kepada masyarakat dengan kategori miskin, menengah ke bawah agar masyarakat mempunyai cadangan beras di rumah mereka.


"Bantuan cadangan beras sudah kita lakukan ya mulai hari kemarin, kita akan mulai memberikan bantuan beras kepada KPM-KPM (keluarga penerima manfaat) di Kecamatan Haurwangi satu orang mendapat 10 kilo beras," tutupnya