BOGOR, CEKLISSATU – Center for Budget Analysis (CBA) meminta Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Akhmad Wiyagus segera menangani dugaan kasus korupsi proyek jembatan Bomang Kabupaten Bogor.

Koordinator CBA, Jajang Nurjaman menyebutkan, Irjen Akhmad Wiyagus sering dielu-elukan karena prestasinya terkait penanganan kasus korupsi saat masih menjabat jadi Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Di antaranya penanganan kasus cetak sawah payment gateway, kasus korupsi Pertamina, sampai kasus korupsi stadion Gedebage jadi catatan manis Irjen Akhmad Wiyagus.

“Kami berharap prestasi Irjen Akhmad Wiyagus terkait pemberantasan korupsi tidak mandek, bahkan melempem saat menjabat Kapolda Jabar,” ungkap Jajang Nurjaman kepada ceklissatu.com.

Baca Juga : Pastikan Keamanan, Kapolda Jabar Cek Gudang Logistik Pemilu 2024 Milik KPU Kabupaten Karawang

Jajang Nurjaman menyatakan, salah satu kasus yang harus jadi perhatian Akhmad Wiyagus adalah proyek pembangunan jembatan Situ Nanggerang (jalur lambat arah Kemang) pada Jalan Bojong Gede-Kemang (Bomang), Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor.

Proyek ini dilaksanakan tahun 2022, dengan nilai Rp44,7 miliar. Sedangkan untuk pemenang proyek yaitu PT. Priangan Bangun Nusantara,” terang Jajang Nurjaman.

Selain itu lanjut Jajang Nurjaman, dalam pelaksanaan proyek jembatan Bomang, sudah banyak kejanggalan dari mulai penetapan Pagu dan HPS yang tipis menimbulkan dugaan penggelembungan dana. 

“Kemudian proses penentuan pemenang tender yang diduga ada permainan, serta terbukti dalam pelaksanaan proyek jembatan Bomang bermasalah dan menjadi temuan BPK Perwakilan Jawa Barat,” beber Jajang Nurjaman.

Jajang Nurjaman mengatakan, lebih mengkhawatirkan lagi, karena pelaksanaan proyek bernilai puluhan miliar ini diduga diwarnai permainan, jembatan Bomang yang digunakan publik sudah rusak meski belum genap satu tahun dibangun. 

“Hal ini jelas merugikan publik, bukan hanya uang negara yang rugi, tapi keselamatan publik juga terancam karena dugaan permainan proyek jembatan Bomang,” jelas Jajang.

Jajang Nurjaman menegaskan, pihaknya meminta Polda Jabar khususnya Irjen Akhmad Wiyagus untuk segera melakukan penyelidikan secara serius atas pelaksanaan proyek jembatan Bomang

“Panggil dan periksa pihak-pihak terkait,” pungkasnya.