BOGOR, CEKLISSATU - Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisadane di Kampung Lengkong, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, akan segera ditata. 

Bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Citarum, serta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Pemkab Bogor pun mulai melakukan safari ke setiap kampung di wilayah tersebut untuk menampung aspirasi masyarakat setempat.

Baca Juga : Masuk Daftar Bacaleg NasDem, Hanafi Siap Berkiprah Bagi Masyarakat Kota Bogor

"Beberapa masukan dan aspirasi masyarakat mengenai penataan hulu sungai DAS Cisadane diserap untuk dijadikan salah satu program skala prioritas," ujar Kepala bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kabupaten Bogor, Budi CW, Jumat 12 Mei 2023.

Dia menjelaskan, penataan kawasan DAS Cisadane dilakukan juga untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih dan bisa digunakan oleh masyarakat.

Sebab, sambungnya, seiring bertambahnya jumlah penduduk maka potensi kotornya air juga semakin besar.

"Untuk itu maka kita secara bersama-sama dari berbagai pihak dari pusat hingga daerah dibantu peran serta masyarakat, LSM Rekonvasi Bumi, SNV juga perusahaan-perusahaan, perlu segera menyikapinya dengan berbagai langkah yang terukur dan terencana dengan cermat agar air sungai Cisadane bisa jernih kembali," katanya