PURWAKARTA, CEKLISSATU – Sebuah bus mengalami kecelakaan di Tol Cipali Km 73 Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Jumat (15/12/2023) sore. Dalam peristiwa tersebut, dikabarkan sebanyak delapan orang tewas.

"Kejadiannya di KM 73," ungkap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jabar, AKBP Wira saat dihubungi wartawan.  

Saat ini, tim PJR Ditlantas Polda Jabar dan Satlantas Polres Purwakarta sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi. 

Baca Juga : Rest Area Tol Cipali Ditutup Sementara Imbas Muncul Semburan Api

Namun, pihak kepolisian belum mengetahui dengan jelas kronologi kecelakaan

"Untuk penyebab kecelakaan masih belum bisa menyimpulkan karena perlu penyelidikan," tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnaen mengatakan, arus jalan tol tetap lancar walau ada pengalihan lantaran badan bus yang masih menutupi ruas jalan.

"Untuk arus jalan tol lancar, kita sudah alihkan untuk yang pengemudi yang akan keluar dari KM 72 Bandung kita sudah alihkan untuk meneruskan perjalanan terus ke gerbang tol ke KM 70," terangnya, Jumat (15/12/2023).

Selain itu lanjut Edwar, pihaknya mendapat informasi terdapat delapan korban jiwa di lokasi kejadian dan enam orang menderita luka berat dan sisanya luka ringan. 

Seluruh korban sudah dibawa ke dua rumah yaitu Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Abdul Rojak Purwakarta.

"Korban yang meninggal di TKP tadi ada 8 orang ya. Mohon maaf kita belum update terakhir di rumah sakit. Jadi mungkin apakah yang luka berat ada yang meninggal dunia kita belum update," ucapnya.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, badan bus itu melintang di jalan. Belum diketahui penyebab pasti kecelakaan bus di Tol Cipali ini.

Namun berdasarkan informasi sementara, kronologi kecelakaan diduga karena kehilangan kendali. Melihat kondisi di TKP, pembatas jalan juga terlihat lepas dari tempatnya.

Selain itu kondisi bus juga tampaknya mengalami kerusakan parah. Korban meinggal dunia sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat.