BANDUNG, CEKLISSATU - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan rumah masyarakat yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi magnitudo 4,9 di Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024) bakal mendapatkan dana bantuan.

BNPB menyebut, bantuan yang akan diberikan akibat gempa bumi tersebut adalah untuk rumah rusak berat akan mendapatkan dan bantuan Rp60 juta, rumah rusak sedang Rp30 juta dan rusak ringan Rp15 juta.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatkan, telah meminta TNI dan Polri membentuk satuan tim untuk membersihkan puing-puing material bangunan yang rusak akibat gempa bumi.

Baca Juga : 534 Rumah Warga Rusak Berat, Terdampak Gempa Bumi Magnitudo 4,9 Kabupaten Bandung

Setelah selesai dilakukan, selanjutnya akan dilakukan pembangunan untuk rumah yang rusak berat, ringan dan sedang.

"Setelah bersih (puing-puing), rumah yang rusak berat dibangun kembali, rumahnya rusak berat dapat rumah baru dari pemerintah Rp60 juta. Rumah sedang rusak sedang Rp30 juta dan rusak ringan Rp15 juta," ucap dia saat meninjau lokasi gempa bumi di Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis 19 September 2024.

Suharyanto melanjutkan, masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan berat serta harus mengungsi di tenda pengungsian berhari-hari bakal mendapatkan dana tunggu hunian. Sambil menunggu rumah rusak berat dibangun, mereka akan diberi dana Rp500 ribu untuk enam bulan.

Baca Juga : Pasca Gempa Bandung Magnitudo 4,9, Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Kembali Normal

"Dana tunggu hunian per KK sebesar Rp500 ribu kali enam bulan," kata dia.

Suharyanto melanjutkan, gempa bumi magnitudo 4,9 di Kabupaten Bandung tersebut diakibatkan oleh sesar yang belum terpetakan. Dengan titik gempa berada di darat pada kedalaman 10 kilometer.

Setelah ditetapkan status tanggap darurat, ia memastikan kebutuhan masyarakat terdampak terjamin mulai dari dapur umum, serta kebutuhan dasar yang lainnya. Kebutuhan tersebut mulai tenda pengungsi, tenda keluarga, sembako, hygiene kit, matras, selimut, terpal, velbed, light tower, makanan siap saji, air mineral, popok bayi, pembalut wanita, biskuit bayi dan balita.

Baca Juga : Siswi SD di Bandung Jadi Korban Gempa Bumi, BPBD dan Polisi Beberkan Faktanya

Selain itu, BNPB menyerahkan Rp300 juta untuk dana siap pakai penanganan bencana di Kabupaten Bandung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat melaporkan hingga Kamis (19/9/2024) sekitar pukul 09.00 WIB sebanyak 534 rumah rusak berat, 476 rumah rusak sedang, 1.015 rumah rusak ringan. 2.458 rumah terdampak masih diassesmen tingkat kerusakannya, sebanyak 83 orang mengalami luka-luka.