JAKARTA, CEKLISSATU – Presiden AS, Joe Biden mengatakan Rusia telah kalah perang melawan Ukraina. Hal itu dikatakan Biden saat kunjungannya ke Finlandia dalam KTT NATO.

“Putin sudah kalah perang. Tidak ada kemungkinan dia memenangkan perang di Ukraina," ujar Biden seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat 14 Juli 2023.

Para pemimpin NATO telah memupus harapan pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky untuk batasan waktu yang jelas untuk bergabung dengan aliansi militer tersebut.

Dalam KTT NATO minggu ini di Vilnius, Lithuania, para pemimpin NATO hanya mengatakan bahwa mereka akan menawarkan undangan hanya ketika "kondisi terpenuhi".

Baca Juga : Tingkatkan Serangan Balasan ke Rusia, Ukraina Terima Bom Klaster dari AS

Sementara itu Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan kepada wartawan, bahwa jika Ukraina diterima di NATO, itu "secara umum akan membuat dunia jauh lebih rentan" dan meningkatkan ketegangan global.

Sebagai tanda kemarahan atas dukungan Barat untuk Ukraina, pemerintah Rusia mengatakan akan menganggap jet tempur F-16 yang dikirim Barat ke Ukraina sebagai ancaman "nuklir" karena kemampuan jet tempur tersebut untuk membawa bom atom.

"Rusia tidak dapat mengabaikan kemampuan pesawat ini untuk membawa senjata nuklir. Tidak ada jaminan yang akan membantu di sini," kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov seperti dikutip oleh Kementerian Luar Negeri Rusia.