BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, mengklaim sudah menganggarkan kebutuhan mebeler seperti meja dan kursi untuk SDN Cidokom 2, Kecamatan Rumpin yang kini terpaksa melaksanakan KBM di lantai.

"SDN Cidokom 02 itu sudah masuk dalam anggaran perubahan dan akan kita jadi kan prioritas tahun ini," ujar Kasi SD Pembangunan Sarpras Disdik Kabupaten Bogor, Yanto Pradipta kepada wartawan, Selasa 10 Oktober 2023.

Menurutnya, usulan pengadaan mebeler SDN Cidokom 2 tersebut sudah menjadi prioritas sejak lama. Karena memang mebeler kelas tak lagi layak digunakan.

Baca Juga : Miris, Sejak 2 Tahun Lalu Siswa SDN Cidokom 2 Rumpin Belajar Tanpa Meja dan Kursi

Dari anggaran tersebut, Yanto mengungkapkan bahwa Pemkab Bogor melalui Disdik akan melakukan pengadaan mebeler sebanyak 120 meja dan kursi.

Dia pun memperkirakan itu akan dilengkapi pada Desember mendatang.

"Kemungkinan di bulan Desember akan kita kirim 120 mebeler meja guru, lemari, kursi lalu papan sekolah dengan total anggaran Rp 160 juta,” terang Yanto.

Sebelumnya, siswa SDN Cidokom 2, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di lantai, tanpa adanya meja dan kursi di ruang kelas.

Salah satu guru sd tersebut, Mohamad Andriyana mengungkap bahwa kondisi itu sudah terjadi sejak dua tahun lalu. 

"Sudah sejak dua tahun kondisi begini. Kami terpaksa untuk melangsung KBM di lantai karena tidak ada mebeler. Bahkan untuk kelas 4B itu belajarnya menggunakan mushola, lalu kelas 6 pakai ruang lab," katanya.