BOGOR, CEKLISSATU - Sebagai upaya membangun jiwa kreativitas serta kepedulian terhadap lingkungan yang bersih dan sehat. Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pabuaran 01 Kecamatan Bojonggede melaksanakan Panen Karya yang merupakan implementasi dari giat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diikuti seluruh murid di SDN Pabuaran 01 Bojonggede, Selasa (12/12/2023).

Plt Kepala SDN Pabuaran 01 Bojonggede, Esih Sukaesih, S.Pd menuturkan, pihak sekolahnya memang menginginkan agar seluruh muridnya bisa membangun jiwa kreativitas yang tidak terbatas. Dengan cara mengolah barang-barang bekas menjadi barang yang lebih berguna dan bermanfaat.

“Melalui kolaborasi, murid mendapatkan kesempatan untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman serta mengembangkan keterampilan,” tutur Esih Sukaesih.

Baca Juga : Nusron Wahid dan Nasyirul Falah Amru Diberhentikan dari Ketua PBNU, Ini Penjelasannya

Dia pun menjelaskan, selain untuk membangun jiwa kreativitas murid SDN Pabuaran 01 Bojonggede. Diharapkan juga dengan adanya Panen Karya ini, seluruh warga sekolah lebih peduli lagi terhadap lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kami berusaha untuk mempromosikan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, sehat dan juga bersih. Sehingga, baik murid maupun warga sekolah kami juga bisa mempraktekkannya ketika di luar sekolah,” katanya.

Hal senada juga diutarakan salah satu Guru Penggerak di SDN Pabuaran 01 Bojonggede, Ervina Sari S.Pd, yang menilai adanya agenda P5 selama satu (1) semester, memberikan dampak yang positif dalam hal pembentukan karakter bagi murid.

“Apalagi, pada kegiatan Panen Karya kali ini menghasilkan karya dari murid-murid kami yang kreatif dan inovatif,” nilai Ervina Sari.

“Meski begitu, yang terpenting dari kegiatan ini justru bukan hasil akhir dari sebuah karya. Tapi proses dalam menghasilkan karya tersebut merupakan pengalaman mereka menemukan ide-ide baru dalam berkolaborasi menjadi murid yang berkarakter sesuai Profil Pelajar Pancasila,” imbuhnya.