BOGOR, CEKLISSATU - Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Anang Hermansyah dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat V Kabupaten Bogor, bersama pengurus dan ketua DPC PDI Perjuangan Bumi Tegar Beriman adakan pelatihan kepada ratusan relawannya untuk nantinya di siapkan menjadi saksi di tiap-tiap lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), bertempat di Cunang Hill Hotel and Resort, Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, pada Minggu (08/10/23).

Dalam keterangannya, Anang Hermansyah mengatakan, bahwa kegiatan pada hari ini adalah acara pembimbingan dan pelatihan kepada 400 calon saksi dari PDI Perjuangan di khususkan diwilayah Kecamatan Tamansari, Bogor.

"Acara ini merupakan pelatihan, untuk bagaimana teman-teman (Calon Saksi, red) kita, nantinya bisa memahami tentang bagaimana menjadi saksi saat pencoblosan di hari H," kata Anang Hermansyah disela-sela acaranya, di lokasi.

Ia menerangkan, bahwa pelatihan dan bimbingan bagi para calon saksi ditiap-tiap TPS saat pemungutan suara berlangsung nanti, memang harus dilakukan sejak dini sebelum pelaksanaan pencoblosan digelar sekitar 135 hari lagi.

"Ini adalah awal menuju persiapan yang lebih detail lagi, bagaimana struktur dan bagaimana juga masyarakat relawan, kita ajak dalam mendiskusikan persiapan pemilu 2024 mendatang," ungkap dia.

Karena baginya, sambung Anang, kendaraan partai politik yang ia tunggangi di pemilu 2024 ini yakni PDI Perjuangan sebagai partai pemenang di pemilu 2019 lalu, bahwasanya partai dibawah komando Ketum Megawati Soekarno Putri ini tidak hanya memenangkan partai berlambang banteng moncong putih saja. Melainkan, bagaimana juga bisa memberikan edukasi serta mengajak seluruh masyarakat agar tidak golongan putih (Golput) saat pemungutan suara dilakukan, pada 14 Februari 2024 mendatang.

"PDI Perjuangan sebagai parpol pemenang, saat pemilu 2024 nanti juga memberikan pandangan yang beda. Bahwa bagaimana mengajak masyarakat untuk tidak golput, dan bagaimana khususnya kaum millenial mau menggunakan hak pilihnya saat pencoblosan dilaksanakan," beber Bacaleg Anang yang diketahui bernomor urut tiga (3) itu.

Menurut dia, hal demikian merupakan tanggung jawab bersama agar masyarakat Indonesia bisa berbondong-bondong ke TPS-TPS saat pelaksanaan pencoblosan berlangsung nanti.

"Ini adalah pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap lima tahunan, jadi bagaimana kami dari kader PDI Perjuangan bisa memberikan pendidikan dan pendewasaan kepada masyarakat untuk datang ke TPS dalam menggunakan hak pilihnya, ayo datang mencoblos, terserah kalian mau pilih siapa," pungkas dia.

Sementara dalam acara itu, dihadiri juga oleh ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Bayu Syahjohan, Direktur Strategi Pemenangan Jaringan Survei Indonesia (JSI), Popon, dan Bacaleg DPRD Dapil III Kabupaten Bogor, H. Bambang Gunawan, serta ratusan relawan, simpatisan dan kader PDI Perjuangan di wilayah Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.