BOGOR, CEKLISSATU – Guna mengatasi kelancara lalu lintas selama libur Natal 2023 dan perayaan Tahun Baru 2024 (Nataru), Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor telah menyiapkan sejumlah strategi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridha menyebutkan, dalam menghadapi kelancaran lalu lintas selama liburan Nataru di wilayah Kabupaten Bogor pihaknya sudah menyiagakan ratusan personel.

“Demi kelancaran lalu lintas selama libur Nataru kami akan menurunkan sekitar 250 personel dengan delapan pos,” ungkap Agus Ridha kepada ceklissatu.com saat melakukan Ramcek kendaraan di pool bus Agra Mas Jalan Raya Pemda, Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (07/12/2023).

Baca Juga : Dishub Kabupaten Bogor Lakukan Ramcek Kendaraan Umum, Berikut Ini Hasilnya

Agus Ridha berharap, kondisi lalu lintas saat Nataru dan libur panjang bisa berjalan dengan baik.

“Bagi masyarakat yang akan datang ke tempat-tempat wisata, saya harapkan patuhilah peraturannya. Kemudian juga cek kendaraannya, jangan sampai nanti misalnya datang ke Puncak malah mogok,” terang Agus Ridha.

Hal tersebut lanjutnya, akan menyulitkan kepada kendaraan yang lainnya. Sudah jalannya sering macet ditambah mogok ini akan menyulitkan.

“Terutama kendraan roda dua. Kendaraan roda dua ini jumlahnya ketika libur Panjang itu biasanya volumenya meningkat berlipat-lipat, nah ini yang paling berat buat kita,” katanya.

Baca Juga : Skybridge Bojonggede Diklaim Mampu Kurangi Kemacetan hingga 50 Persen

Diberitakan sebelumnya, Dishub Kabupaten Bogor melakukan Ramcek atau pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat kendaraan umum. Salah satunya di pool bus Agra Mas Jalan Raya Pemda, Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (07/12/2023). 

Agus Ridha menyebutkan, kegiatan tersebut melakukan pengecekan terhadap kendaraan angkutan umum, di antaranya di pool bus Agra Mas.

Selain di pool bus tersebut lanjut Agus Ridha, Ramcek juga digelar di jalan raya dan beberapa pool bus lainnya yang ada di Kabupaten Bogor.

“Tujuan Ramcek ini sebetulnya kegiatan rutin yang digelar Dinas Perhubungan bersama kepolisian, TNI, Jasa Raharja dalam rangka bagaimana kita meningkatkan keselamatan di jalan raya,” ungkap Agus Ridha.

Agus Ridha juga mengatakan, saat ini menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), sebagaimana dimaklumi bahwa volume penumpang kendaraan umum ini pasti akan meningkat.

“Dan ini penting sekali harus dilakukan pengecekan agar tidak terjadi kecelakaan di jalan. Yang paling utama saya harapkan kepada perusahaan-perusahaan bus agar memperhatikan kondisi kendaraan, cek secara rutin. Pengecekan itu jangan hanya karena ada imbauan dari pemerintah saja,” tutur Agus Ridha.

Agus Ridha menyatakan, hasil dari pemeriksaan hari ini terdapat dua kendaraan yang remnya kurang bagus.

“Itu langsung kami minta kepada perusahaan untuk segera memperbaiki dan service kendaraannya, dan nantinya akan dicek lagi,” ujarnya.

Agus juga mengingatkan kepada seluruh pemilik kendaraan, baik yang ada di wilayah Kabupaten Bogor maupun di luar Bogor terutama yang melintas di wilayah tempat wisata seperti Puncak, dipastikan menjelang Nataru kendaraan bus akan banyak.

“Kami juga akan melakukan Ramcek di KM45, guna memastikan seluruh kendaraan yang masuk Kabupaten Bogor dalam keadaan baik dan sehat,” pungkasnya.