BOGOR, CEKLISSATU - Peretasan akun resmi instagram milik pemerintah kembali terjadi. Jika sebelumnya akun instagram milik Perumda Tirta Pakuan yang menjadi korban, kini hal serupa terjadi ke akun resmi Instagram milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor diduga diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Kejadian ini terungkap melalui postingan mencurigakan di akun resmi Disparbud dengan username @parbudkotabogor. Postingan tersebut menawarkan program "give away" dengan tawaran tebus murah untuk ponsel jenis iPhone 14 Pro Max 128GB yang dibandrol seharga Rp7,8 juta.

Saat dikonfirmasi, Kadisparbud Kota Bogor, Iceu Pujiati membenarkan kejadian tersebut bahwa akun resmi instagram milik Disparbud Kota Bogor telah diretas.

Baca Juga : Bima Arya Batalkan Pemecetan Guru Honorer SDN Cibeureum 1 Kota Bogor, Kepsek Dicopot

"Akun kami di hack, sudah dilaporkan ke pihak berwajib dan sudah terinformasikan juga bahwa akun kami di hack. Proses pemulihannya sdang dilakukan tapi menurut admin susah karena email dan nomor adminnya diubah oleh pelaku," ucapnya kepada Ceklissatu.com pada Rabu, 13 September 2023.

Iceu menyebut bahwa sudah ada dua orang yang menjadi korban dalam postingan itu. Namun, Iceu menegaskan bahwa pihaknya juga menjadi korban dalam peretasan sehingga tidak bertanggung jawab atas postingan tersebut.

"Pertanggung jawaban apa yang harus dinas lakukan, karena dinas pun yaa korban juga. Sementara ini kami sudah membuat laporan polisi ke Polresta Bogor Kota untuk menindak lanjutinya," katanya.

Iceu mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman serupa. Penting diingat bahwa pemerintah tidak pernah diperbolehkan untuk mengambil uang dari masyarakat dalam bentuk apapun.