BOGOR, CEKLISSSATU - Aktivis mahasiswa yang tergabung dalam PB SEMMI Kabupaten Bogor, menyoroti viralnya dugaan salah satu perguruan tinggi negeri terkenal yang bekerjasama dengan platform pinjaman online (pinjol)  untuk pembiayaan kuliah mahasiswa

Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan PB SEMMI, Yoga Triana Anshory mengatakan, dengan bunga yang sangat tinggi, hal itu malah menjadikan masalah baru bagi mahasiswa.

"Permasalahan kuliah adalah permasalahan yang harus difasilitasi oleh pemerintah. Menjadi sebuah urgensi bagi kemajuan sebuah bangsa,” ucap aktivis yang biasa disapa Yoga, Selasa 30 Januari 2024.

Yoga pun sangat setuju dan mendukung dengan langkah Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Prof Nizam yang menyampaikan bahwa tidak boleh ada yang putus kuliah karena masalah ekonomi.

Baca Juga : Protes Kebijakan Kampus Bayar UKT Pakai Pinjol, Mahasiswa ITB Demo Rektorat

Selain itu, Prof Nizam mengingatkan kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk dapat menyediakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan inklusif bagi setiap mahasiswa.

Dengan adanya instruksi dari Dirjen Dikti Ristek itu, dirinya juga merasa menjadi langkah yang sangat tepat, karena dalam peningkatan mutu kualitas pendidikan. 

“Pemerintah harus serius memastikan seluruh perangkat pendidikan menyediakan instrumennya untuk dapat bahu membahu menciptakan pendidikan yang berkualitas untuk setiap mahasiswa,” ujar Yoga.

Selain itu, Yoga  memberikan catatannya, bahwa hari ini kampus atau perguruan tinggi harus bisa menghadirkan solusi yang efektif bagi setiap mahasiswa yang kesulitan ekonomi. Jangan mengkapitalisasinya menjadi sebuah masalah besar bagi mahasiswa.

“Karena pendidikan merupakan instrumen yang paling memiliki dampak bagi kemajuan bangsa ini, kita harus bergandengan tangan untuk memastikan setiap anak Indonesia memiliki hak untuk mendapatkan mutu kualitas pendidikan yang terbaik di semua jenjang,” tukasnya.