JAKARTA, CEKLISSATU – Setiap tahunnya, kurang lebih 200.000 wanita meninggal akibat kanker serviks.

Kanker serviks yang dikenal juga sebagai kanker leher rahim adalah tiga jenis kanker utama yang paling sering dialami oleh wanita, seperti dilansir dari laman Kemenkes, Senin 16 Oktober 2023.

Kanker serviks disebabkan oelh berbagai faktor, tetapi faktor terutama adalah dari makanan.

Kenyataannya adalah, kanker serviks dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung antioksidan dan bersifat dapat melawan zat kanker.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat mencegah kanker serviks.

Baca Juga : Selain Meningkatkan Rasa Kenyang, Ini Manfaat Lain Alpukat untuk Kesehatan

  • Vitamin A, C, E, dan kalsium

Kandungan antioksidan pada vitamin A, C dan E dapat melingdungi sel-sel dari radikal bebas, yang secara tidak langsung dapat mencegah kanker serviks.

Makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral tersebut, misalnya jeruk, wortel, telur, hati, tuna, dan produk susu lainnya.

  • Vitamin B dan folat

Brokoli, kembang kol, kubis adalah makanan yang kaya akan vitamin B dan asam folat, yang dapat menurunkan kadar homosistein, yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker serviks.

  • Alpukat

Kandungan antioksidan dalam alpukat sangat baik mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, kandungan lemak baiknya juga bagus untuk tubuh.

  • Makanan kaya antioksidan

Makanan yang kaya antioksidan yang dapat mencegah kanker serviks seperti blueberry, jeruk, paprika, cerry, salmon, dan lemak ikan.

  • Wortel

Beta karoten dalam wortel dapat mencegah kanker serviks.

  • Polifenol dan flavonoid

The hijau,minyak zaitun, buah berry, coklat, kenari, tomat, dan sebagainya adalah beberapa makanan yang mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat mencegah kanker serviks.

Selain dari makanan, salah satu juga yang utama dari mencegah kanker serviks adalah pola hidup sehat, seperti rajin olahraga dan tidak merokok.

Mari jaga kesehetan.