JAKARTA, CEKLISSATU – Proyek Pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN disebut dapat memperkuat infrastruktur nasional.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, dengan adanya proyek Pembangunan IKN, pertumbuhan ekonomi akan lebih merata.

“Dengan pemerintah membangun IKN, maka akan menjaga pertumbuhan ekonomi dan  pembangunan akan lebih merata, sehingga tidak terjadi kesenjangan,” kata Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Rabu 10 Juli 2024 malam.

Baca Juga :   Jokowi: IKN Akan Jadi Titik Pertumbuhan Ekonomi Baru, Terutama Ekonomi Sektor Pertanian

Proyek pembangunan IKN juga, kata Erick, akan menghapus anggapan bahwa pembangunan hanya terpusat di Jawa saja atau Jawa sentris.

“Seperti contohnya pembangunan jalan tol di Sumatera, tidak mungkin berhenti pembangunannya. Ini bukan karena saya orang Lampung, Sumatera, tapi ini untuk keseimbangan ekonomi, pertumbuhan ekonomi harus merata di semua pulau,” ucap Erick.

Saat ini, lanjut Ketua PSSI itu, untuk mendukung pembangunan, sebagai Langkah strategis pihaknya mengusulkan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp44,24 triliun pada 2025.

Baca Juga : Buka 40.000 Formasi CPNS untuk di IKN, Azwar Anas: 5 Persennya Khusus Bagi Putra-Putri Kalimantan

Komisi VI DPR RI telah menyetujui usulan PNM tersebut, Erick Thohir berharap agar tdak hanya mempercepat proyek-proyek infrastruktur, tetapi juga memudahkan  saat transisi pemerintahan.

“Kita mau pastikan agar ke depan saat transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi ke presiden terpilih Prabowo Subianto tidak terjadi kebingungan,” kata dia.