BERLIN, CEKLISSATU - Timnas Belanda berhasil melenggang ke babak semifinal setelah menang tipis 2-1 atas Turki di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (7/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Sebetulnya Belanda  tertinggal lebih dahulu karena gol Samet Akydin pada menit ke-35. Tetapi di babak kedua, mereka bisa berbalik unggul lewat aksi Stefan de Vrij (70’) dan juga gol bunuh diri Mert Muldur (76’).

Atas  kemenangan ini, Belanda lolos ke babak semifinal. Mereka akan menantang Inggris di babak tersebut pada Kamis 11 Juli 2024 dini hari WIB.

Belanda  tampil menekan sejak menit- menit pertama. Mereka tebar ancaman berbahaya langsung ke gawang Turki, salah satunya lewat aksi Cody Gakpo. Tetapi sayang, bola masih bisa dihalau Gunok.

Turki pun akhirnya mengejutkan Belanda. Dengan golnyapada menit ke-35. Ialah Samet Akaydin yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Gol ini bermula dari tendangan pojok  yang dilepaskan pemain Turki ke gawang Belanda. Sebenarnya, bola masih bisa dihalau pemain Belanda kala itu. Tetapi, bola rebound bisa langsung disambar Arda Guler yang berada di luar kotak penalti Belanda.

Umpan lambung ciamik dari Arda Guler pun bisa disambar Samet Akaydin dengan sundulannya hingga berbuah gol. Turki pun memimpin 1-0. Skor ini pun terjaga hingga akhir laga babak pertama.

Ketinggalan 0-1 Belanda berusaha untuk membalasnya  di babak kedua. Pada menit ke-51, peluang emas didapat kala Weghost bisa memberi umpan ciamik kepada Depay yang ada di mulut gawang Turki. Tapi, Depay malah gagal menyambut bola itu.

Arda Guler pada menit 55 nyaris menggandakan keunggulan Turki. Tendangan bebasnya dari luar kotak penalti berhasil mengarah dengan tepat ke gawang Belanda. Tetapi sayang, bola bisa ditepis Bart Verbruggen hingga tak berbuah gol.

Belanda akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-70. Ialah Stefan de Vrij yang mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol ciamik. Dia berhasil menyambar umpan cantik dari Memphis Depay dengan sundulannya.

Belanda tampil pede sepanjang pertandingan bahkan pada menit-menit terakhirpun mereka terus membombardir Turki. Hasilnya mereka pun bisa berbalik unggul hanya selang enam menit kemudian. Gol kali ini tercipta lewat gol bunuh diri Mert Muldur saat hendak menghalau serangan berbahaya dari Memphis Depay.

Belanda unggul 2-1 dan bertahan  hingga akhir laga. Alhasil, mereka memastikan diri keluar sebagai pemenang dan lolos semifinal Euro 2024.