BERLIN, CEKLISSATU  – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Belanda, Ronald Koeman, memberikan pujia kepada penampilan anak buahnya saat menang comeback atas Turki di perempatfinal Euro 2024. Pasalnya meski sempat tertinggal, Koeman melihat para pemainnya justru makin semangat hingga akhirnya menang 2-1 atas Turki.

Bertanding di Olympiastadion Berlin, Jerman, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB, De Oranje -julukan Timnas Belanda- justru  kerepotan menghadapi permainan ciamik yang ditunjukkan Turki di babak pertama. Bahkan, mereka kebobolan lebih dulu oleh tandukan Samet Akaydin yang menyambar umpan manis Arda Guler pada menit 35.

Beruntung Belanda mampu bangkit dan bermain lebih baik di babak kedua. Hasilnya, mereka menorehkan dua gol dalam waktu enam menit yang masing-masing dicetak Stefan De Vrij (70’) dan gol bunuh diri Mert Muldur (76’).

Di menit-menit akhir babak kedua, Ay-Yidizlilar -julukan Timnas Turkiye- mendapat beberapa peluang emas yang nyaris berbuah gol penyeimbang. Namun, Virgil Van Dijk dan kolega sangat solid menjaga lini pertahanan Belanda hingga akhirnya sukses mengamankan kemenangan.

Hasil positif itu pun membawa Belanda melangkah ke semifinal Piala Eropa untuk kali pertama dalam 20 tahun terakhir. Oleh karena itu, Koeman sangat bangga dengan pencapaian anak buahnya.

"Bagi seluruh negeri (Belanda), ini sesuatu yang istimewa. Kami adalah negara kecil dan kami berada di semifinal bersama Inggris, Prancis, dan Spanyol. Kami sangat bangga,” kata Koeman dilansir dari laman resmi UEFA, Minggu (7/7/2024).

Koeman memberikan pujian kepada Memphis Depay dkk yang menunjukkan semangat pantang menyerah yang luar biasa untuk bisa membalikkan keadaan kontra Turkiye. Kata dia, pasukannya telah membungkam orang-orang yang kerap mengkritik kurangnya daya juang yang mereka miliki.

"Kami harus berjuang malam ini, tetapi tidak ada pertandingan yang mudah. Mereka mengerahkan segalanya. Itu adalah pertandingan yang emosional dan kami memiliki semangat yang besar,” ujar legenda Barcelona itu.

"Terkadang kami dikritik karena kami tidak memilikinya dibandingkan dengan negara lain. Itu adalah babak kedua yang bagus. Kami harus berjuang tetapi merupakan kesuksesan besar untuk mendapatkan kesempatan bermain di semifinal,” pungkasnya.

Belanda akan berhadapan dengan Inggris, yang menang adu penalti 5-3 atas Swiss di babak perempat final. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung pada Kamis (11/7/2024) pukul 02.00 WIB di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman.