JAKARTA, CEKLISSATU -  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi melepas Tim Indonesia yang akan berangkat ke Olimpiade Paris 2024. Pelepasan dilaksanakan di Halaman Istana Merdeka, Rabu (10/7/2024) tepat setelah Tim Indonesia dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo. 

Dalam pengarahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Tim Indonesia harus tetap optimis dalam menghadapi persaingan atlet-atlet terbaik dari seluruh dunia. 

“Saudara-saudara adalah atlet-atlet pilihan yang akan tampil di ajang dunia yang sangat bergengsi, yaitu Olimpiade. Maka dunia akan tertuju semuanya pada penampilan saudara-saudara. Dan rakyat Indonesia menaruh banyak harapan kepada anda. Oleh karena itu persiapkan diri dengan baik, siapkan fisik, siapkan mental, siapkan diri untuk bertanding,” ucap Presiden Joko Widodo 

“Rakyat Indonesia pasti menginginkan bendera merah putih berkibar dan lagu Indonesia berkumandang. Secara resmi saya berangkatkan tim Indonesia menuju Olympic games ke-33 tahun 2024,” imbuh Presiden Jokowi. 

Sebelumnya, proses pengukuhan dilaksanakan di Auditorium Kementerian Pemuda dan Olahraga, Rabu (10/7/2024) siang sebelum para Tim Indonesia bertolak ke Istana Merdeka. 

Dalam seremoni pengukuhan tersebut Menpora Dito menitipkan pesan kepada CdM Olimpiade Paris 2024 yang diemban oleh Anindya Bakrie. 

“Kemenangan menyertai orang yang menolak menyerah, kemenangan dimiliki oleh mereka yang memiliki mental juara. Saya titipkan semangat, bermain dan bertandinglah sebaik mungkin. Kepada CdM saya titipkan marwah Indonesia selama menjadi tamu di Paris, tunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar,” ujar Dito Ariotedjo 

“Dengan resmi saya mengukuhkan Tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024,” lanjut Dito. 

Hadir pada acara tersebut para ketua umum federasi cabang olahraga nasional, serta para atlet yang diwakili oleh Tim Bulutangkis, Panahan, Angkat Besi, Panjat Tebing, dan Renang. Beberapa atlet dari cabang olahraga lain saat ini telah berada di Eropa untuk menjalani pemusatan latihan sebelum terbang ke Paris untuk bertanding.

Pembacaan janji atlet diwakili oleh Rizki Juniansyah (Angkat Besi) dan Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing) juga untuk mengokohkan semangat Tim Indonesia yang akan bertanding di Paris. 

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari juga mengobarkan api semangat para Tim Indonesia dalam pidato sambutannya. 

“Saya secara pribadi ingin mengajak kita semua untuk membuat bangsa Indonesia meneteskan air mata ketika mengumandangkan lagu Indonesia Raya di Olimpade Paris 2024,” ujar Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari. 

Olimpiade Paris 2024 akan diselenggarakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Tahun ini, Tim Indonesia berkekuatan 29 atlet dari 12 cabang olahraga. Angka ini bertambah dari keikutsertaan Tim Indonesia di edisi sebelumnya yang berkekuatan 28 atlet dari 8 cabang olahraga di Olimpiade Tokyo 2020. 

Di sisi lain, jersey Tim Indonesia rancangan Didit Hediprasetyo juga disebut menjadi suntikan semangat dan menambah kepercayaan diri bagi para atlet yang akan berlaga membawa Indonesia di Paris nanti. 

Di Olimpiade Paris 2024, Tim Indonesia didukung oleh beberapa sponsor, termasuk Aice yang juga merupakan Olympic Partner, Li-Ning, Didit Hediprasetyo Foundation, Lavani Jewelry, Kings Travel, On Point, Oakley.

Dukung terus Tim Indonesia yang akan berjuang menjaga Merah Putih di Olimpiade Paris 2024.