JAKARTA, CEKLISSATU - Pasangan Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi meraih gelar juara turnamen bulutangkis BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 seusai mengalahkan ganda putra Malaysia, Kang Khai Xing/Aaron Tai.

Berlaga di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (7/7/2024), pasangan Hu/Lin meraih kemenangan dengan skor 21-13, 21-11 atas wakil Negeri Jiran yang ditempatkan sebagai unggulan pertama.

Pada laga ini, Hu/Lian mengaku bermain menyerang sejak awal laga untuk bisa mengambil kendali serangan. Strategi tersebut berjalan dengan baik sehingga Hu/Lin menang dua gim langsung dalam tempo 33 menit.

“Senang rasanya bisa menjadi juara. Kami bermain dengan baik di laga ini kendati membuat beberapa kesalahan kecil. Secara keseluruhan kami sudah bermain dengan baik,” ungkap Hu Ke Yuan.

Kemenangan ini menjadi yang perdana buat Hu/Lian setelah sebelumnya dalam dua pertemuan selalu kali kalah dari ganda putra ranking 80 dunia tersebut. Pada perjumpaan terakhir pada perempatfinal German Junior 2024, Hu/Lin menyerah dengan skor 15-21, 21-9, 17-21 dari Kang/Aaron.

“Senang rasanya bisa mempersembahkan gelar juara. Raihan ini tentu sangat baik untuk meningkatkan kepercayaan diri kami untuk berlaga pada turnamen sebelumnya,” ujar Hu. 

Pasangan Hu/Lin berharap raihan di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 bisa berlanjut pada BWF World Junior Championships 2024 mendatang. Terlebih ajang tersebut akan digelar di publik sendiri di Nanchang, China pada 30 September sampai 13 Oktober mendatang.

“Menghadapi turnamen BWF World Junior Championships 2024 kami akan berlatih lebih keras lagi. Tentu kami akan mempersiapkan diri lebih baik lagi menatap turnamen tersebut,” ujar Hu.

Dengan hasil ini, China tercatat sudah mengoleksi dua gelar di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Wakil Negeri Tirai Bambu lainnya yang sebelumnya naik podium yakni  Xu Wen Jing.

Pebulutangkis tunggal putri kelahiran 11 Juli 2007 itu naik podium seusai menumbangkan rekan satu negaranya, Yin Yi Qing straight game 21-13, 21-15.

China berpotensi meraih gelar tambahan yakni dari Hu Zhe An (tunggal putra), Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue (ganda putri), dan Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan (ganda campuran). (*)