BOGOR, CEKLISSATU - Polisi akan mendata sekaligus mengumpulkan keterangan dari para perawat RS Sentosa Bogor. Mereka adalah yang terlibat langsung selama proses persalinan dari ibu bayi yang diduga tertukar setahun lalu.

"Kami mencari data siapa yang merawat, membantu proses persalinan, menjaga bayinya, selama ibu itu dirawat hingga keluar," kata Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, Selasa (15/8/2023).

Tak lupa, polisi juga akan mencari data siapa saja ibu yang melahirkan pada waktu itu. Sehingga, nantinya bisa diketahui pasti kronologi kejadian tersebut.

Baca Juga : Dinkes Datangi RS Sentosa Bogor Terkait Dugaan Kasus Bayi Tertukar

"Sehingga kita tahu siapa-siapa yang melahirkan pada waktu itu yang sama ketika ibu itu masuk. Kita cari semua data tersebut sehingga kita bisa menentukan langkah selanjutnya, bahwa bayi ini yang tertukar. Sehingga nanti diperkuat dengan hasil DNA," jelasnya.

Pihak rumah sakit, lanjut Rio, terbuka dalam kasus ini. Diharapkan, dugaan bayi yang tertukar ini menjadi lebih jelas dan pada dasarnya polisi akan mengedepankan aspek sosial dibanding hukum.

"Alhamdulillah lancar, rumah sakit juga terbuka untuk kita. Nanti kita dalami semua, data-data sedang dikumpulkan semua agar menjadi jelas semua. Semata-mata ini untuk bersifat sosial kita membantu kesulitan masyarakat. Kami tidak mengedepankan aspek hukum, tapi aspek sosial bagaimana hati nurani seorang ibu terkait masalah ini," tutupnya.