JAKARTA, CEKLISSATUPolda DIY bakal berlakukan rekayasa lalu litas di Tol Solo-Jogja yang dibuka fungsional untuk pemudik di masa libur Lebaran.

Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan  mengatakan, rekayasa lalu lintas itu untuk mencegah kepadatan kendaraan di Tol Solo-Jogja.

Dia menambahkan, salah satu imbas dibukanya Tol fungsional Solo-Jogja itu akan dirasakan di daerah Prambanan. Sehingga pihaknya menjadikan kawasan Prambanan sebagai fokus rekayasa lalu lintas.

"Fokus akan dilakukan di wilayah Prambanan. Imbas dari tol fungsional akan mempercepat proses masuknya kendaraan ke Yogyakarta," kata Suwondo.

Suwondo mengatakan, kendaraan yang masuk nantinya akan diarahkan ke jalur Ring Road, hingga tidak melintas di tengah Kota Yogyakarta.

Baca Juga : Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Jalan Malioboro Selama Libur Lebaran, Polresta Yogyakarta Tiadakan Car Free Night  

"Kita akan bermain tengah dikurangi. Tidak masuk ke tengah-tengah Kota Yogyakarta. Itu salah satu yang akan kita lakukan," urai Suwondo.

Sementara itu, Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Alfian Nurrizal mengatakan, pihaknya akan berkerja sama dengan Polres Klaten untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan yang masuk dari arah Prambanan.

"Kalau ekor kemacetan sudah panjang sampai di daerah Klaten, maka kita akan melakukan penarikan arus dari Prambanan menuju ke Maguwoharjo," urai Alfian.

"Kendaraan yang mengarah ke Magelang, kita arahkan ke Ring Road. Kendaraan yang ingin masuk ke Kota Yogyakarta bisa lurus lewati UIN. Jika ingin wisata, maka kendaraan dapat melewati Piyungan atau Janti," imbuh Alfian.