BOGOR, CEKLISSATU - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri mengaku menyaksikan laga pertandingan final sepakbola SEA Games 2023. Namun dia mengaku belum puas meskipun Timnas Indonesia menang. 

Timnas Indonesia U-22 mendulang medali emas setelah mengalahkan Thailand 5-2 yang berlangsung di National Olympic Stadium pada Selasa (16/5/2023). 

"Kan saya penggemar bola, saya senang ya. Kemarin saya deg-degan," ujar Megawati saat kunjungan peresmian Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor, Rabu 17 Mei 2023. 

Selama pertandingan berlangsung, Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini mengaku terus berdoa agar Timnas Indonesia yang dijuluki Garuda Muda itu mampu mengalahkan Thailand. 

"Saya doa melulu. Menang.. Menang.. Menang," kata Megawati. 

Meskipun menang, Megawati mengaku masih belum puas lantaran Indonesia masih berada di posisi ketiga dalam klasemen akhir SEA Games 2023 di Kamboja. 

"Tapi kan bayangkan kita (Indonesia) masih rangking tiga loh. Yang paling tinggi itu Vietnam, nomor dua Thailand. Ya masa sih. itu kenapa?," ujar Presiden RI kelima ini. 

Megawati melihat bahwa Vietnam bisa sukses meraih peringkat pertama karena kegigihan dan semangatnya. Hal tersebut yang kini tidak dimiliki dalam diri rakyat Indonesia. 

"Rakyat Vietnam itu petempur dia. Nih para prajurit supaya tahu, mereka ga pernah ga ada semangat. Itu yang saya ingin kembalikan," pungkasnya.