BOGOR, CEKLISSATU -- Posyandu yang tersebar di berbagai wilayah di desa-desa yang ada di Kabupaten Bogor menjadi garda terdepan dalam pencegahan stunting. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.

Rudy Susmanto menyebutkan, peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. 

Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur.

"Posyandu yang tersebar di berbagai wilayah di desa-desa menjadi garda terdepan dalam pencegahan stunting. Hal ini terbukti juga dengan adanya penurunan balita dengan kasus stunting di berbagai wilayah. Posyandu menjadi pelayanan kesehatan terdepan dari Pemerintah," ungkapnya.

Baca Juga : Rudy Susmanto Ajak Warga  Bogor Doakan Timnas Indonesia Menang Hadapi Filipina

Kemudian, Posyandu juga bisa menjangkau masyarakat secara langsung.  Selain itu, dengan program yang ada di posyandu para ibu-ibu bisa diberdayakan untuk selalu memperhatikan kesehatan anak dan keluarganya.

Salah satu keunggulan dari program-program yang ada di Posyandu adalah pemantauan rutin dari perkembangan balita, mulai dari usia 0 hingga 23 bulan yang terus dipantau dengan kartu sehat secara gratis. 

"Dengan adanya kartu sehat, balita bisa dimonitor secara rutin kader maupun bidan di Posyandu dapat membantu mendeteksi bila ada kecurigaan ke arah stunting pada anak," tuturnya.

Selain itu, Posyandu juga dapat mencegah anak terkena berbagai faktor risiko stunting melalui program-program yang dilakukan. 

"Beberapa program posyandu sebagai upaya pencegahan stunting adalah Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) cacingan, penanggulangan diare, sanitasi dasar serta peningkatan gizi," pungkasnya.

Untuk diketahui, belum lama ini Kabupaten Bogor pun telah meluncurkan program orang tua asuh stunting dan gerakan makan ikan, yang dilakukan bertepatan dengan Gebyar Hari Jadi Bogor di Stadion Pakansari, beberapa waktu lalu.

Rudy Susmanto mengajak masyarakat dan para orang tua asuh stunting untuk melakukan sosialisasi mengenai pentingnya gerakan makan ikan dalam memenuhi asupan gizi anak serta keluarga.