BOGOR, CEKLISSATU - Ratusan personel diterjunkan untuk mengamankan lalu lintas di kawasan wisata Puncak pada momen libur panjang Idul Adha.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto mengatakan, ratusan personel tersebut merupakan gabungan dari berbagai instansi seperti Dishub, Satpol PP, TNI dan BPBD. 

"Kalau untuk antisipasi cuti libur panjang kami memang seperti saat long weekend yang lalu itu disiapkan dengan Dishub, Satpol PP, TNI dan BPBD kurang lebih 150. Personel untuk lalu lintas itu 100 personel," ungkap Ardian kepada wartawan, Rabu 28 Juni 2023.

Baca Juga : Libur Panjang, Gage Puncak Dilaksanakan hingga 2 Juli

Di hari libur Idul Adha ini, pihak kepolisian pun menghimbau kepada para wisatawan untuk memperhatikan dan mengatur waktu keberangkatannya.

"Perhatikan kendaraan yang akan digunakan harus betul-betul prima, kendaraan yang sehat betul-betul fit yang mana pada saat terjadi di titik-titik hambat  seperti pasir muncang, megamendung, pasar cisarua itu terjadi antrian karena arus memang arus kendaraan cukup tinggi," ucapnya. 

Kemudian karakteristik jalur puncak yang mayoritas dipenuhi tanjakan pun menjadi himbauan pihak kepolisian kepada wara wisatawan.

"Tetap utama keselamatan ikuti arahan petugas di lapangan, tidak mempergunakan lajur kendaraan yang sebaliknya sehingga lalu lintas tetap terjaga," paparnya.

Saat ini di kawasan puncak sendiri, cuaca cenderung mendung dan bahkan hujan, hal ini pun perlu menjadi perhatian dari para pengendara. 

"Mohon untuk berhati-hati, persiapkan kendaraan, lampunya karena nanti akan adanya kabut. Kemudian memarkirkan kendaraan tidak di bahu jalan dan tidak dekat pohon pohon rindang nanti dikhawatirkan tanah longsor atau pohon tumbang," jelas Ardian.

ERUL